Implementasikan Program Air Bersih Usungan Bupati SBS, Desa Manulea – Sasitamean Adakan 33 Fiber Penampung Air Bagi Masyarakat

Malaka – Berbagai upaya dan cara untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga. Dalam pemenuhan kebutuhan air bersih bagi warga, desa Manulea mengadakan 33 fiber penampung air dengan kapasitas tampungan 2.200 liter air/fiber.

Selain fiber, desa juga mengadakan 63 drom penampung air untuk dibagikan kepada masyarakat.

Pengadaan fiber dan drom penampung air itu sebagai wujud konkrit implementasi Program Air Bersih yang dicanangkan Bupati SBS untuk melayani warga pada 11 dusun di desa Manulea.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Manulea, Paskalia Simfrosa Tae kepada wartawan disela pembagian sarana fiber dan drom penampung air kepada masyarakat di desa Manulea-Kecamatan Sasitamean-Kabupaten Malaka, Rabu (11/12-2019).

Dikatakannya, program pengadaan sarana penampung air yang digelar melalui ADD itu berdasarkan hasil usulan masyarakat melalui musrenbangdes tahun lalu dengan pertimbangan dalam beberapa tahun terakhir di desa Manulea sering terjadi krisis air bersih terutama dalam menghadapi kemarau panjang.

” Selama ini masyarakat dilayani air bersih dari truk tangki air yang disediakan pemerintah tetapi warga masih kesulitan dalam hal penampungan air yang memadai sehingga pengadaan fiber dan drom penampung air ini merupakan sebuah solusi agar masyarakat bisa memiliki kemudahan dalam mengakses air bersih”

“Kita sudah distribusikan sarana itu pada warga pada 11 dusun di desa dan jumlah disetiap dusun disesuaikan dengan jumlah dan pesebaran penduduk di wilayah dusun itu”

“Kita tetap melakukan pemantauan agar sarana penampung air itu dioptimalkan pemanfaataannya oleh warga. Bila masih terdapat kekurangan bisa kita tambah lagi pada tahun mendatang sesuai usulan masyarakat melalui musrenbangdes”

Kades Paskalia mengatakan selain bantuan alat penampung air pihaknya juga sudah menyerahkan alat semprot bagi warga untuk dimanfaatkan petani di wilayahnya pada musim tanam mendatang.

Seperti disaksikan Wartawan media ini selama tahun 2019 Desa Manulea menggelar berbagai kegiatan untuk penataan desa diantaranya pengerjaan jalan rabat pada dua titik untuk memperlancar akses masyarakat di wilayah dusun Tabonat B dan daerah SMPK Kaputu” (boni)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *