Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Headline

Henry Simu : Bupati Malaka Harus Jelaskan Soal  Program Unggulan Swasembada Pangan

43
×

Henry Simu : Bupati Malaka Harus Jelaskan Soal  Program Unggulan Swasembada Pangan

Sebarkan artikel ini

Malaka – Bupati Malaka, Simon Nahak diminta untuk menjelaskan tentang salah satu program unggulan yang diusung yakni Program  Swasembada Pangan.

Penjelasan itu sangat penting agar anggota Dewan  mendapatkan pemahaman yang benar  dan utuh soal program unggulan tersebut sehingga dapat memberikan dukungan dalam penganggaran.

Selain dukungan dalam penganggaran  anggota dewan juga bisa mengawal dan mengontrol implementasi program tersebut  agar bermanfaat bagi rakyat.

Penegasan itu disampaikan  Ketua Fraksi Partai Golkar, Henry Melki Simu kepada wartawan di Kantor DPRD Kabupaten Malaka di  Betun  , Jumat (10 /6-2022).

Henry mengatakan sejak Simon Nahak pimpin Malaka belum ada penjelasan resmi dari Bupati Malaka  terkait program Swasembada Pangan itu.

” Secara kelembagaan, kami di DPRD sangat mengharapkan penjelasan resmi Bupati Malaka terkait Program unggulan itu agar diketahui anggota dewan”

” Dewan mau tau banyak apa sih Program Swasembada Pangan itu.  Apa definisinya, konsepnya seperti apa serta operasionalnya apa  perlu dijabarkan secara detail kepada seluruh anggota dewan”

” Kenapa  program unggulan itu harus dijelaskan Bupati? Itu karena dalam RDP dengan Dinas Pertanian ternyata Kadisnya tidak bisa menjelaskan secara detail tentang Program Swasembada Pangan secara utuh kepada anggota dewan. Ternyata pemahaman kadis soal Swasembada Pangan itu hanya sebatas pengadaan pupuk,bibit dan obat-obatan pertanian serta air irigasi”

” Jadi dalam RDP kami minta kehadiran Bupati agar bisa menjelaskan hal-hal seperti ini agar dipahami anggota Dewan sehingga  bisa mendukung dalam penganggarannya  karena hal ini termasuk program unggulan Bupati.  Bagaimana Dewan bisa taruh anggaran disana sementara anggota dewan tidak tahu apa-apa soal program itu?”

” Sebagai mitra Pemerintah  tentu kita harus memberikan dukungan termasuk melakukan kontrol pelaksanaannya  terkait implementasi program di lapangan”, ujarnya.

Ketua Komisi 2, Bernadette L Seran, SP kepada wartawan mengatakan hal senada.

” Kita dari Komisi 2 juga sangat berharap kehadiran Bupati Malaka untuk menjelaskan hal itu dihadapan anggota dewan sehingga sebagai mitra Komisi dapat memahami program tersebut secara utuh guna memberikan dukungan dalam penganggaran dan pengawalan di lapangan”

” Ini sudah tahun kedua SN-KT pimpin Malaka namun penjelasan Bupati secara resmi kepada anggota dewan belum ada. Kita harapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama Bupati bisa memberikan gambaran utuh terkait program Swasembada Pangan agar dipahami seluruh anggota dewan”, ujarnya.

Bupati Malaka melalui Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Malaka, Carlos Monis kepada wartawan di Kantor DPRD Malaka mengatakan dirinya akan melaporkan harapan dari Bapak/Ibu Anggota Dewan kepada Bupati Malaka guna mendapatkan arahan lebih lanjut. ( boni)

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *