Guru Harus Galakkan Bahasa Indonesia Dengan Baik dan Benar

Malaka – Guru Bahasa Indonesia di Kabupaten Malaka harus menggalakkan bahasa indonesia dengan baik dan benar,

Seorang guru yang mengajar bahasa indonesia harus pintar berbahasa indonesia. Kalau bahasa indonesianya kurang benar bagaimana nasib muridnya di kemudian hari.

Kepala Dinas PKPO Kabupaten Malaka, Petrus Bria Seran mengatakan hal itu disela acara Penyuluhan Penggunaan Bahasa Media Luar Ruangan yang diselenggarakan Kantor Bahasa NTT di Betun belum lama ini.

Kadis Petrus mengatakan para guru harus berterimakasih kepada Kepala Kantor Bahasa, ibu Falentina Novina.T yang menyelenggarakan kegiatan selama 6.dari tanggal 23 hingga tanggal 28 Mei di Malaka dengan hasilnya dapat diterapkan di sekolah.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTT, Falentina Novina.T kepada wartawan mengatakan, kegiatan ini berupa penyuluhan tentang penggunaan Bahasa Indonesia di sekolah.

“Kita tidak anti bahasa asing tetapi yang kita tekankan adalah apakah penggunaan Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara menjadi suatu prioritas atau tidak di sekolah,” kata Falentina.

Menurut Falentina, sesuai motto Kantor Bahasa adalah “Utamakan Bahasa Indonesia, Lestarikan Bahasa Daerah dan Kuasai Bahasa Asing”.

Untuk konteks sekolah, motto ini memberikan makna bahwa penggunaan Bahasa Indonesia harus diutama di lingkugnan sekolah. Jika ada sekolah yang membuat kebijakan untuk penggunaan bahasa asing di saat-saat tertentu maka sekolah juga harus bisa menanamkan nilai kebanggaan kepada peserta didik tentang penggunaan bahasa daerah. Sebab bahasa daerah dapat mempengaruhi karakter seseorang atau peserta didik.

Menanamkan nilai kebanggan kepada peserta didik dalam penggunaan bahasa daerah juga sebagai upaya melestarikan bahasa daerah agar tidak punah.

Menurut Falentina, sebagai warga negara Indonesia harus bisa menjadi jati diri, baik jatih diri sebagai anak daerah maupun sebagai anak bangsa. Oleh karena itu, utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah dan kuasai bahasa asing. (nanda)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *