Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Headline

Gudang Tempat Penyimpanan Alat dan Mesin Pertanian di Distan Malaka Selalu Berpindah

96
×

Gudang Tempat Penyimpanan Alat dan Mesin Pertanian di Distan Malaka Selalu Berpindah

Sebarkan artikel ini

Malaka – Sejarah penyimpanan traktor, mesin dan alat-alat pertanian di Distan Malaka tidak tetap, selalu berpindah tempat disesuaikan dengan berpindahnya kantor pertanian dari satu tempat ke tempat lainnya.

Pertama, Luku traktor yang saat ini ada di Webua dapat dijelaskan
Pada tahun 2017, Pemda Malaka adaan traktor besar sebanyak 8 unit. Tiap traktor ada dua luku, satu dipasang pada traktor untuk langsung pacul tanah petani sedangkan satu disimpan sebagai cadangan. Semua cadangan luku ini disimpan di area rumah Sekdis Frans Daniel Fahik. Ketika sekdis ini pindah tugas ke Badan Bencana, semua luku cadangan itu dipindah ke kantor Dinas TPHP (saat ini rumah jabatan bupati). Namun tahun 2021, luku-luku itu diangkut kembali ke Webua karena para ASN Distan dikeluarkan dari kantor yang nota bene rumah jabatan bupati dan berkantor di SDI Harekakae sekarang.

Kedua, Beberapa mesin pertanian seperti pompa air, cultivator, handsprayer merupakan alat-alat bantuan pusat dan APBD 1 serta sebagian dari APBD 2. Semua alat itu adalah aset pemerintah Malaka yang dikelola DISTAN Malaka sesuai TUPOKSI. Alat dan mesin pertanian tersebut untuk BRIGADE, artinya pada saat tertentu digunakan oleh PEMDA untuk bantu masyarakat yang membutuhkan, misalnya bila ada hama meraja lela maka pemerintah bertindak cepat membantu masyarakat dengan memanfaatkan alat-alat BRIGADE ini.

Ketiga , Drum-drum karet untuk mengisi solar itu dibeli pada tahun 2018 sebagai tempat isi solar untuk pacul tanah.
Tempat penyimpanan pertama di aula kantor desa Umakatahan, namun karena dirasa mengganggu pemanfaatan aula akhirnya dipindah ke gedung KUD itu.

Ketika bulan Mei 2019 pindah kantor ke gedung rumah jabatan bupati, drum-drum itu dibawa serta karena disana ada ruang khusus untuk menyimpan.

Karena kantor Distan di Umasukaer mau direhab jadi rumah jabatan maka kantor dinas dipindah ke SD Harekakae Saat ini. Karena tempat penyimpanan di Umasukaer tidak ada maka barang-barang milik dinas berupa mesin dan alat pertanian disimpan di Gudang KUD Desa Umakatahan hingga saat ini. ( boni/berbagai sumber)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *