Gubernur : Tugas Pemerintah Wajib Membawa Masyarakat Kepada Masa Depan dan Peradaban Yang Lebih Maju

TTU – Salah satu tugas yang harus dijalankan pemerintah yakni wajib membawa masyarakat kepada masa depan dan peradaban yang lebih maju. Itu merupakan etik pemerintahan yang hukumnya wajib diperhatikan pemerintah baik eksekutif dan legislatif.

Itulah salah satu point nasehat Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat
saat perayaan Misa Syukur Pelantikan Bapak Hendrik Bana Sebagai Anggota DPRD TTU di Kefamenanu belum lama ini.

Dalam kesempatan itu gubernur meminta supaya para pejabat harus bisa menunjukkan bahwa pejabat itu adalah orang yang mampu turun kebawah dan mampuh melayani masyarakat.

” Seorang pimpinan dewan harus bisa memutuskan segala sesuatu dengan bupati, dan saya yakin di tangan bapak Hendrik Bana dan Bapak Raymundus Saku Fernandes sinergi ini bisa berjalan”.

” Saya berharap sungguh sungguh karena daerah ini, khususnya di pulau Timor ini merupakam pulau yang memberikan kontribusi paling banyak penderitaan buat bangsa ini. Orang miskin paling banyak ada di pulau ini, bahkan kata bupati sampe mereka sudah menjadi emik. Emik itu artinya orang yang sudah nyaman dalam penderitaan sehingga dia tidak tau mana senang mana susah”.

“Oleh karna itu tugas pemerintah jangan kita lihat bahwa kenyamanan yang dialami oleh masyarakat itu
adalah sesuatu yang lumrah
tetapi secara etik pemerintahan kita wajib membawa mereka kepada masa depan dan peradaban yang lebih maju karena itu tugas pemerintah” .

” Jadi, mencintai jabatan mencintai kedudukan, mencintai kekuasaan untuk menindas, mencintai kekuasaan untuk martabat yang terhormat itu harus ditinggalkan di NTT ini.
Kita harus mempergunakan touts kemenangan yang ada yang diberikan Tuhan didalam masyarakat untuk melayani sungguh sungguh karena tidak ada manusia yang terhormat”

“Politik identitas hanya untuk memuaskan hasrat – hasrat kita secara pribadi dan tidak untuk melayani dalam semangat berbangsa dan bernegara apalagi pembangunan potensi. Karena itu saya harapkan momentum yang baik dan bermartabat ini, bapak Hendrik sudah diwariskan oleh sebuah didikan yang bermartabat dari orang tua yang hebat karena itu tugas berat seorang Bapak adalah melanjutkan martabat itu secara baik. Bagaimana mewujutkan mimpi – mimpi masyarakat yang memilih saudara untuk mampu melayani daerah dengan baik, bagaimana membuktikan bahwa kita menetapkan kader terbaik di DPRD TTU dan tantangan itu bapak akan wujudkan dalam setiap langkah pelayanan bapak lima tahun ini”.

“Saya ingatkan ini tidak gampang kalau ingin melayani mulai tidur empat jam sehari, karena daerah ini harus mulai. Ketua DPR bersama bupati habis rapat pergi ke kampung keliling ke dusun – dusun yang ada karena kita akan malu dengan Presiden sampai level kabupaten dia datang. Artinya, seorang Bupati harus sampai ke dusun- dusun dan paham setiap seluk beluk kehidupan dusun, apalagi ketua DPR representasi rakyat dan hal itu ada ditangan DPRD” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *