Genjot Pembangunan Infrastruktur di Tahun 2021, Bukti SBS Lebih Sayang Rakyat

Anggaran 2021 sudah ditetapkan, Pemkab Malaka merogoh “kocek” miliaran rupiah untuk membenahi infrastruktur jalan di desa dan kecamatan. Komitmen anggaran yang sudah di “ketok” merupakan bukti SBS sangat sayang rakyat Malaka.

Untuk konektivitas, tahun 2021 akan dibangun ruas jalan Balibo – Raimea sepanjang 10 km, ruas jalan Besak -Tunabesi – Bubun sepanjang 5 km dan Jalan masuk ke Puskesmas Tunabesi di Kecamatan Io Kufeu.

Peningkatan Jalan Lingkar Besikama dengan pagu anggaran sebesar Rp 600 Juta. Membangun jembatan yang melintasi Numbei -Kakaniuk sepanjang 120 meter dengan pagu anggaran Rp 3,5 Miliyard.

Peningkatan jalan Arak – Wekmurak dengan alokasi anggaran sebanyak Rp 1,5 Miliyar dan Peningkatan Jalan menuju Puskesmas Wekmurak dengan alokasi dana sebesar Rp 1 Miliyar. Peningkatan Jalan Simpang Kamaradak – Nanebot di Kecamatan Rinhat sepanjang 6500 meter, dengan total anggaran Rp 2,5 Miliyar.

Selain itu, Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5,1 Miliyar yang bersumber dari dana DAK untuk pengerjaan ruas jalan Bo’en – Wekeke sepanjang 1,7 km.

Di Malteng, ada Peningkatan Jalan Dusun Maubesi – Desa Kamanasa berupa pembangunan jalan hotmix sepanjang 500 meter dengan total anggaran sebesar Rp 1,5 Miliyar. Peningkatan jalan di Dusun Labarai – Desa Kamanasa berupa pembangunan jalan hotmix sepanjang 600 meter dengan total anggaran Rp 1,8 Miliyar. Peningkatan jalan Bakateu-Pasar Baru-Tubaki di desa Wehali dengan dana sebesar Rp 1,5 Miliyard.

Kebijakan pembangunan infrastruktur di 2021 merupakan pembangunan berkelanjutan pascapandemi Covid-19 dengan mendorong efisiensi logistik dan konektivitas. Anggaran infrastruktur 2021 juga diperuntukan untuk penyelesaian kegiatan prioritas yang tertunda di tahun 2020.

Pemerintah Kabupaten Malaka, sangat menyadari betapa pentingnya keberadaan infrastruktur seperti jalan dan jembatan yang bisa memotong biaya distribusi pangan dan industri dari berbagai pelosok desa dan kecamatan. ( boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *