Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Headline

Gagasan Besar Prabowo Subianto Dibalik Turnamen Nusantara Cup

72
×

Gagasan Besar Prabowo Subianto Dibalik Turnamen Nusantara Cup

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Bagi seorang Prabowo Subianto, sepakbola adalah harga diri bangsa. Dalam sepakbola harga diri bangsa dipertaruhkan. Dorongan inilah yang membuat Menteri Pertahanan RI Letjen TNI (pur) Prabowo Subianto mau terjun langsung membangun sepakbola Indonesia dari usia dini.

Turnamen sepakbola Nusantara Open merupakan buah kepedulian Prabowo Subianto terhadap kemajuan sepakbola di Indonesia dalam mencari talenta-talenta sepakbola U-16 melalui scouting yang terintegrasi yang dilakukan Akademi Nusantara untuk mencetak generasi emas yang bisa menjadi wakil Indonesia di kancah sepakbola dunia.

Saat drawing Nusantara Cup yang dilakukan di Nasional Polo Club (NPC) tanggal 5 Juli 2022, sejumlah legenda timnas Indonesia diundang menyaksikan hajatan yang melibatkan 16 klub Academy sepakbola di Indonesia.

Bukan sekedar hadir, mereka tampil menghibur masyarakat yang hadir di NPC. Usai friendly game, para legend timnas diberikan sosialisasi asuransi dari Panitia Nusantara Open. Rencananya saat pembukaan di Stadion Pakansari, Bogor, mereka akan diberikan asuransi oleh Prabowo Subianto.

“Ini bentuk apresiasi atas dedikasi para legend, mereka telah mengharumkan nama bangsa dan negara”, ujar Ketua Pengarah Nusantara Cup 2022 Fary Djemi Francis saat menyaksikan drawing di Nusantara Polo Club.

Salam dari Bapak Prabowo, beliau titip salam buat para legend. Pak Prabowo akan menberikan asuransi kepada mantan pemain timnas putra dan putri, juga mantan pelatih timnas, lanjut ketua umum Indonesia Football Forever.

Sementara ketua Panitia Nusantara Open Aji Bintara dalam kesempatan itu menjelaskan pemberian asuransi bagi legend timnas dalam event Nusantara Cup, merupakan bentuk kepedulian Prabowo Subianto kepada mantan pemain timnas yang telah memberikan kontribusi bagi dunia sepakbola di Indonesia.

Penerima asuransi bagi mantan pelatih timnas, Yudo Hadianto, Rahmad Darmawan, Bambang Nurdiansyah, Rully Nere, Bambang Sutjipto, Fachri Husaini, Bima Sakti, Indra Safri, Mundari Karya, Rudy Eka, Yopi Riwoe, Aji Santoso. Sementara itu pada deretan mantan pemain ada sejumlah nama seperti, Maman Suryaman, Berty Tutuarima, Ely Idris, Risdianto, Noah Meriam, Louis Mohidin, Patar Tambunan, Alexander Saununu, Rocky Putiray, Pery Sandria, M Sukron Chaniago, Muthia Datau.

“Pemberian asuransi ini adalah salah satu gagasan Prabowo Subianto yang kami terjemahkan dalam bentuk implementasi terhadap karya dan pengabdian legenda sepakbola Indonesia. Gagasan lainnya dari seorang Prabowo Subianto adalah pembentukan Academy sepakbola bagi talenta muda Indonesia”, tegas Aji yang juga CEO Jakarta United.

Lanjut pria yang mengantongi lisensi FA level dua (UEFA C), menjelang kick off, pihaknya sudah mempersiapkan berbagai kebutuhan seperti venue, jersey untuk legend, serta partisipasi para legend di Nusantara Open 2022. Sebagai bentuk dukungan dari federasi sepakbola Indonesia, PSSI akan mengirimkan wasit yang berkualitas untuk menjaga mutu dari pertandingan nanti.

“Apresiasi seperti ini pernah diperoleh mantan pemain namun dalam bentuk fresh money, polis asuransi ini sangat baik bagi masa tua atlet nasional. Banyak mantan pemain dihari tuanya tidak beruntung, sakit dan lain sebagainya, itukan bermanfaat sekali”, tutur Direktur Teknik Rans Nusantara FC Bambang Nurdiansyah.

Banur begitu striker andalan timnas yang mengawali karirnya dari liga sepakbola utama (Galatama) menyambut baik penggunaan sport science dalam turnamen ini. Baginya ini suatu langkah maju yang bisa mempermuda kerja para talent. Dirinya belum banyak mengetahui tentang penggunaan GPS performance tracker yang akan digunakan, dia berharap saat pembukaan para legend akan melihat mekanisme dan cara kerja alat yang akan menghasilkan big data analisis pemain.

Tren menggunakan pendekatan ilmiah dalam sepak bola bukan hal yang baru. Tahun 1970, pelatih legendaris Ukraina, Valeriy Lobanovsky telah menggunakan. Arsene Wenger pelatih Arsenal salah satu pioneer pengguna metode ini.

Hal senada diungkapkan Yopi Riwoe, mantan timnas Pelajar dan PSSI B Persija dan Mahakam Putra galatama yang kini telah bermetamorfosa menjadi Bali United.

“Saya tidak menyangka, tiba-tiba ditelepon dan diminta hadir untuk menerima ini. Saat ini saya lagi mendampingi Timnas Putri di Philipina. Karena itu saya mengucapkan terima kasih kepada panitia Nusantara Cup yang sudah memberikan apresiasi bagi dirinya dan mantan timnas”, tutur Yopi.

Selain Banur dan Yopi Riwoe, sejumlah mantan pemain seperti Didik Darmadi, Muthia Datau, Heri Kiswanto, Peri Sandria, mengapresiasi tokoh masyarakat yang masih memperhatikan hari tua para atlet.

Jadwal Pertandingan Nusantara Cup Pekan I

Sabtu/16 Juli 22 : 16.00: Persis vs PSLS (NPC Field)
Minggu 17 Juli 22 : 13.45: PSIS vs PS Tiga Naga (Std.Pakansari)
16.00: PSS Sleman vs ASIFA FA (Std.Pakansari)
PSM Makasar vs PSA Ambon (NPC Field)
Senin 18 Juli 22 : 13.45: Persib vs Garuda Nusantara FC (NPC Field)
16.00: Borneo FC vs Malut Selection (NPC Field)
13.45: Persipura vs ASIOP (Std.Pakansari)
16.00: Persija vs Bintang Timur (Std.Pakansari) ( fw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *