Fraksi Partai Nasional Demokrat Sependapat Pembangunan Harus Berdasarkan Kebutuhan Prioritas Masyarakat

Malaka – Fraksi Partai Nasdem Kabupaten Malaka sependapat bahwa pembangunan itu harus berdasarkan kebutuhan prioritas masyarakat sesuai pemandangan Umum fraksi yang disampaikan Fraksi Nasdem dalam Sidang III DPRD Kabupaten Malaka belum lama ini.

Pemandangan Umum Fraksi Partai Nasdem yang dibacakan anggota dewan Partai Nasdem, Adrianus Tutu Nenometa itu menyebutkan
terhadap Porsi Belanja Fraksi Partai Nasdem sependapat bahwa Pembangunan harus berdasarkan kebutuhan prioritas masyarakat dengan mengusulkan empat catatan agar menjadi perhatian serius yaitu :

A.Pengadaan air bersih berupa sumur bor di beberapa wilayah pegunungan seperti di desa Builaran Kecamatan Sasitamean, Desa Naet, Muke, TAFULI, Lotas, Kecamatan Rinhat, Desa Lakekun UTARA, Babulu, Babulu Selatan Kecamatan Kobalima.

B.Perlu dilakukan pendataan terhadap wilayah-wilayah yang belum teraliri aliran Listrik  di seluruh kabupaten Malaka.

C.Perbaikan Infrastruktur JALAN pada wilayah -wilayah Desa Sisi, Babulu, Babulu Selatan Kecamatan Kobalima, Desa Builaran, Fatuaruin, Manumuti Silole, Kecamatan  Sasitamean dan peningkatan ruas jalan Tabene – Loolatar Desa Umakatahan dan  peningkatan ruas jalan pada Desa Nanin, Alala dan Nanebot Kecamatan Rinhat.

D.Penyediaan rumah layak huni di Desa Tafuli Kecamatan Rinhat.

Terhadap saran Fraksi Partai Nasdem Pemerintah Daerah menyatakan sependapat dan akan memperhatikan sesuai kemampuan keuangan daerah.

Terkait Nota Pengantar Keuangan Atas Rancangan Perda Tentang RAPBD Tahun Anggaran 2020:
Dana Perimbangan mengalami penurunan pada DAK 2020 Sebesar RP. 14. 533.698.000,-

Fraksi Partai Nasdem menganggap bahwa terdapat kelalaian pada Organisasi Perangkat Daerah Pengelola DAK yang tidak serius dan tidak fokus dalam mengelola DAK. Oleh karena Itu Fraksi Partai Nasdem memandang perlu mengingatkan Pemerintah Daerah untuk melakukan Pengawasan Secara KONTINYU pada OPD Pengelolal DAK.

Terhadap Saran Fraksi Partai Nasdem, Pemerintah Daerah menyatakan akan Memperhatikan. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *