Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Festival Kuliner Ikan Kepri: Upaya Pencegahan Stunting Lewat Diversifikasi Panganan Bergizi

58
×

Festival Kuliner Ikan Kepri: Upaya Pencegahan Stunting Lewat Diversifikasi Panganan Bergizi

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Bintan – Sebagai bagian dari program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dan upaya intervensi penurunan stunting di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, bersama Dinas Kelautan dan Perikanan serta TP-PKK, menyelenggarakan Festival Kuliner Provinsi Kepri dan Lomba Masak Berbahan Dasar Ikan.

Acara tersebut diselenggarakan pada Jumat, 7 Juni 2024 di Pantai Tanjung Tilih, Sei Enam, Kijang, Kabupaten Bintan.

Kegiatan ini terdiri dari empat agenda, di antaranya demo memasak oleh chef professional, lomba masak berbahan dasar ikan, pembagian paket olahan hasil perikanan dan ikan beku sebanyak 250 paket untuk ibu hamil dan menyusui, serta sosialisasi pemenuhan gizi di 1.000 hari pertama kehidupan.

Dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Kepri, Dewi Kumalasari, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pihak penyelenggara dan masyarakat yang hadir di acara tersebut.

Dia berharap event seperti ini memberikan manfaat positif bagi masyarakat. Festival Kuliner Provinsi Kepri juga merupakan upaya dalam pengoptimalan upaya-upaya pencegahan dan percepatan penurunan stunting dengan cara menumbuhkan inovasi diversifikasi resep panganan berbahan dasar ikan dan memenuhi bahan panganan yang bergizi tinggi untuk dikonsumsi oleh keluarga.

Ketua TP-PKK Bintan Hafizha Rahmadani juga memberikan apresiasi luar biasa dan mengatakan bahwa PKK sudah memberikan hasil yang baik dalam pengembangan programnya baik di tingkat provinsi maupun kabupaten.

“Kegiatan ini luar biasa. Kita memberi edukasi bagi masyarakat, kita harus sama-sama paham tentang stunting dan cara mencegahnya yang dapat kita lakukan. Saya melihat ibu-ibu kita cerdas dalam mengolah panganan yang sehat dan bergizi, yang penting seimbang meski tidak perlu mahal,” jelas Hafizha di akhir acara.

Dalam acara lomba memasak berbahan dasar ikan, kategori menu keluarga, juara 1 diraih oleh Kecamatan Teluk Bintan, juara 2 oleh Kecamatan Bintan Timur, dan juara 3 oleh Kecamatan Mantang. Secara keseluruhan, Kecamatan Teluk Bintan keluar sebagai juara umum.

Untuk kategori menu balita, Kecamatan Toapaya mendapatkan juara 1, Kecamatan Bintan Utara mendapatkan juara 2, dan Kecamatan Teluk Bintan mendapatkan juara 3.

Untuk kategori menu kudapan juara 1 diraih oleh Kecamatan Teluk Bintan, juara 2 oleh Kecamatan Toapaya, dan juara 3 oleh kecamatan Bintan Timur.

Editor: Budi Adriansyah