DWP Dinas Pendidikan Malaka Gelar Pelatihan Pembuatan Eco-Enzyme

Darma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Pendidiian Kabupaten Malaka menggelar pelatihan pembuatan Eco-Ensyme. Kegiatan yang digelar di Aula SMA Swasta Fajar Timur Wemasa, Sabtu (22/05/2021) tersebut terselenggara berkat kerjasama dengan Pegiat Eco-Enzyme Kabupaten Belu.

Ketua DWP Dinas PKPO Kabupaten Malaka, Elis Botha, kepada wartawan mengungkapkan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah mengolah sampah dapur menjadi bermanfaat.

Hasil olahan limbah dapur tersebut, kata dia, antara lain untuk pertanian, berupa pupuk cair organik dan pengusir hama. Selain itu, limbah dapur juga bisa diolah untuk produk kesehatan untuk mandi dan detox.

“Kemudian, pada hari ini juga terbentuk Komintas Eco-Enzyme Malaka – Belu dan saya sendiri dipercaya menjadi koordinatornya”, ujar Elis.

Selanjutnya, kata dia, Komunitas Eco-Enzyme Malaka – Belu mengagendakan beberapa kegiatan, antara lain Gerakan Cinta Bumi dalam rangka Hari Bumi tanggal 5 Juni mendatang, yang akan dipusatkan di Bendung Benenai.

“Kemudian untuk jangka panjang, direncanakan supaya ada desa binaan Eco-Enzyme, dimana dirintis pilot project Eco-Enzym, baik di bidang pertanian maupun peternakan”, lanjutnya.

Sememtara, Pegiat Eco-Enzyme Belu dan Malaka, Ongky Seran mengungkapkan, Eco-Enzyme merupakan hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran, gula (gula coklat, gula merah atau gula tebu), dan air.

Eco Enzyme diperkenalkan oleh Dr. Rosukon Poompanvong yang merupakan pendiri Asosiasi Pertanian Organik Thailand. Gagasan proyek ini adalah untuk mengolah enzim dari sampah organik yang biasanya kita buang ke dalam tong sampah sebagai pembersih organik.

Produk eco-enzyme merupakan produk ramah lingkungan yang mudah digunakan dan mudah dibuat. Pembuatan eco-enzym hanya membutuhkan air, gula sebagai sumber karbon, dan sampah organic sayur dan buah. Pemanfaatan eco-enzym dapat dilakukan untuk mengurangi jumlah sampah rumah tangga terutama sampah organic yang komposisinya masih tinggi.*(JoGer)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *