Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Dukungan Pemkot Tanjungpinang untuk Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional

53
×

Dukungan Pemkot Tanjungpinang untuk Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Tanjungpinang – Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungpinang telah memberikan dukungan terhadap program Gerakan Sinergi Reforma Agraria Nasional (GSRAN).

Dukungan tersebut telah disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Tanjungpinang, yaitu Zulhidayat, pada acara GSRAN yang ditaja oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Para Perwakilan Kantor BPN di Kota Tanjungpinang hadir dalam acara tersebut yang berlangsung di Ruang Rapat Engku Putri Raja Hamidah, Kantor Wali Kota Tanjungpinang, pada Senin, 22 April 2024.

Perwakilan dari Kelompok Wanita Tani di wilayah Kota Tanjungpinang juga turut serta dalam acara tersebut.

Melalui zoom meeting, Zulhidayat telah mengikuti rangkaian acara GSRAN dan membacakan komitmen bersama terkait sinergi dalam mewujudkan reforma agraria.

Menurut Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), GSRAN bertujuan untuk mensinkronkan kegiatan terkait penataan aset dan akses.

Selain itu, tujuan dari GSRAN adalah juga untuk mendorong potensi usaha kegiatan penataan akses di kabupaten/kota seluruh Indonesia serta mensinergikan fungsi dan tugas dari semua pihak untuk kelancaran kegiatan GSRAN seluruh Indonesia dan melalui fasilitasi pendampingan peningkatan nilai tambah ekonomi masyarakat.

Untuk diketahui, Reforma Agraria diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2023 tentang Percepatan Pelaksanaan Reforma Agraria yang memiliki arti penataan kembali struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan, dan pemanfaatan tanah yang lebih adil melalui penataan aset dan penataan akses agar masyarakat lebih sejahtera.

“Atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang, saya ingin menyatakan dukungan baik secara teknis maupun non teknis bagi BPN untuk mewujudkan Reforma Agraria di Tanjungpinang,” kata Zulhidayat.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Asisten III Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Tanjungpinang, Augus Raja Unggul, Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) Kota Tanjungpinang, Robert Lukman, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tanjungpinang, Efendi dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di dalam Lingkungan Pemkot Tanjungpinang.

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: Diskominfo Kota Tanjungpinang