Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

DKUPP Kabupaten Bintan Gelar Pelatihan ‘Achievement Motivation Training’ untuk Membangun Mental Pengusaha yang Sukses

146
×

DKUPP Kabupaten Bintan Gelar Pelatihan ‘Achievement Motivation Training’ untuk Membangun Mental Pengusaha yang Sukses

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Bintan – Berdasarkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUPP) Kabupaten Bintan tahun 2024, DKUPP melaksanakan ‘Pelatihan Pengelolaan Bisnis dan Manajemen Kewirausahaan (Achievement Motivation Training)’ dengan tujuan untuk memotivasi pelaku usaha agar menjalankan usaha dengan semangat, disiplin, dan dedikasi.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Jalan Tata Bumi, Ceruk Ijuk, Kecamatan Toapaya, Kabupaten Bintan, pada Senin, 6 Mei 2024.

Menurut laporan panitia pelaksana, kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan selama tujuh hari, termasuk hari libur, mulai dari tanggal 6-12 Mei 2024.

Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode pembelajaran orang dewasa yang mengkombinasikan antara teori, praktik, serta kontemplasi diri.

Sedangkan peserta yang ikut pelatihan terdiri dari 35 orang, sebagian besar berasal dari Kecamatan Seri Kuala Lobam (SKL).

APBD Kabupaten Bintan yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non-fisik Bidang Pengelolaan Sentra Industri Kecil dan Menengah digunakan untuk pendanaan kegiatan pelatihan tersebut.

Kegiatan pelatihan tersebut diisi oleh narasumber dari Lembaga Pelatihan dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Provinsi Riau, yaitu Yurizal dan Azwardin.

Dalam sambutan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bintan, Hafizha Rahmadhani, disampaikan bahwa keberhasilan suatu usaha tidak akan lepas dari sikap mental dan daya juang para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya.

Hafizha mengemukakan bahwa menempa diri menjadi pribadi produktif, pantang menyerah, disiplin, dan memiliki pandangan jauh ke depan perlu ditumbuhkan dan diasah.

Hafizha juga menambahkan bahwa program pelatihan tersebut merupakan salah satu cara untuk membentuk pribadi yang memiliki integritas serta pola pikir maju sehingga memiliki etos kerja seorang pengusaha.

“Program ini merupakan pelatihan pertama dari sekian banyak pelatihan yang akan dilaksanakan menggunakan program DAK non-fisik pengelolaan,” ujarnya.

Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Tahun Anggaran 2024 bertujuan untuk membentuk mental pengusaha yang fokus pada pencapaiannya.

“Sehingga pelatihan-pelatihan lainnya nantinya dapat diikuti dengan sungguh-sungguh, bukan hanya sebagai penggembira, apalagi ikut-ikutan,” tutur Hafizha.

Hafizha meyakini bahwa para pelaku usaha sudah mengalami banyak hal sehingga sampai pada tahap sekarang, namun ilmu itu sangat luas dan terus berkembang, sehingga perlu stimulus-stimulus.

“Untuk kita bisa mengembangkan diri, mengubah pola pikir, mengembangkan budaya kerja yang efektif dan efisien guna mencapai tujuan menjadi pengusaha sukses,” jelasnya.

Hafizha juga menambahkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bintan berusaha mencari berbagai peluang agar bisa memberikan yang terbaik yang menjadi kebutuhan masyarakat Bintan.

“Saya yakin dan percaya semua peserta memiliki komitmen untuk mengikuti acara sampai akhir,” ucap Hafizha.

Kepala DKUPP Kabupaten Bintan, Asy Syukri, melalui Kepala Bidang Industri pada DKUPP Kabupaten Bintan, Dian Erfanita, mengatakan bahwa Achievement Motivation Training dilaksanakan untuk membangun pribadi dengan pola fikir sukses, pribadi yang baik, disiplin serta pantang menyerah guna mencapai tujuan-tujuan besar dalam menjalankan usaha.

“Sehingga pelatihan-pelatihan lainnya yang akan kita laksanakan dapat dilihat sebagai peluang untuk maju. Ada sekitar 11 pelatihan dan pendampingan yang akan kita laksanakan untuk masyarakat Bintan, khususnya masyarakat Seri Kuala Lobam,” ungkap Dian.

Dian menambahkan bahwa penetapan Kecamatan Seri Kuala Lobam sebagai Sentra Industri Fashion dapat didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

“Setiap desa dan kelurahannya memiliki tematik di bidang Fashion. Itu yang sedang kita rancang, dan semoga mendapat sambutan baik dari perangkat desa atau kelurahan dan masyarakat,” tutur Dian.

Acara tersebut turut dihadiri oleh beberapa pejabat seperti Kepala DKUPP Kabupaten Bintan Asy Syukri, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3KB) Kabupaten Bintan Aryati, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bintan Indra Hidayat, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bintan Samsul, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bintan Iisanto, Camat Seri Kuala Lobam Nona Yani M. Abas Manupassa, instruktur dari Lembaga Pelatihan dan Pengembangan UMKM Riau Yurizal dan Azwardin, serta para peserta.

Editor: Budi Adriansyah