Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Diskominfo Kepri Gelar Dialog Sinergi Humas dan Media Massa untuk Pemilu Damai 2024…

27
×

Diskominfo Kepri Gelar Dialog Sinergi Humas dan Media Massa untuk Pemilu Damai 2024…

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Tanjungpinang – Dalam menjaga kondusifitas pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan berlangsung dalam dua hari lagi, humas dan media massa merupakan corong penting dalam menyampaikan informasi ke masyarakat.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyadari hal ini, dan dalam upaya membangun kondusifitas untuk penyelenggaraan Pemilu 2024, menggelar dialog antara humas pemerintah dan media massa di Rumah Makan Sarbana, Kampung Bulang, Kota Tanjungpinang, pada Senin, 12 Februari 2024.

Dialog tersebut bertajuk Pemilu Damai ‘Sinergitas Humas bersama Media Menjaga Kepri, Terwujudnya Pemilu Damai, Aman dan Sukses di Provinsi Kepulauan Riau’, dan melibatkan seluruh organisasi media dan wartawan, humas dari seluruh pemerintah kabupaten/kota maupun humas Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Acara ini juga diselenggarakan dalam rangka menjelang hari tenang Pemilu di tanggal 14 Februari 2024, serta memperingati Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024.

Dalam dialog tersebut, Kepala Diskominfo Provinsi Kepri, Hasan, menyebutkan bahwa Pemilu Serentak tahun 2024 adalah sebuah pesta demokrasi sekaligus ajang pendidikan politik bagi masyarakat.

Oleh karena itu, menurut Hasan, sangat penting bagi humas pemerintah dan media massa untuk menghadirkan informasi yang berimbang dan akuntabel bagi masyarakat.

“Kondusifitas pesta demokrasi di Kepri harus terus dipertahankan, dan kami berharap seluruh media massa dan humas pemerintah bisa membantu menyebarkan informasi dengan azas profesionalisme dan sesuai kode etik,” ujar Hasan.

Hasan juga menyarankan agar sinergitas antara humas pemerintah dan media massa terus ditingkatkan, guna mengantisipasi penyebaran berita bohong atau ujaran kebencian yang berpotensi muncul ketika Pemilu berlangsung.

Tampak hadir dalam kesempatan ini Kabid Humas Polda Kepri, Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad, yang menyatakan bahwa unsur Polda Kepri siap menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat dalam Pemilu 2024.

Melalui Operasi Mantap Brata Seligi 2024, Polda Kepri telah menggerakkan lebih dari 1.233 personil gabungan dari Polres dan Polresta untuk mendukung pengamanan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh jajaran wilayah Polda Kepri.

Pandra mengharapkan bahwa humas pemerintah dan media massa bisa menjalin kerjasama yang baik untuk memastikan masyarakat mendapatkan informasi yang tepat, cepat, dan akurat.

Pandra juga menekankan bahwa pers merupakan salah satu pilar demokrasi, dan peranan pers sangat penting dalam memastikan pesta demokrasi ini berjalan lancar.

Dialog tersebut diakhiri dengan sesi tanya jawab antara perwakilan media massa yang hadir dengan jajaran humas pemerintah untuk meningkatkan kesepahaman antar unsur pers.

Terlihat hadir dalam kesempatan ini Danlanud Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang Kolonel Pnb. Andi Nur Abadi, Komisioner Komisi Informasi Daerah Kepri Jauhari, dan humas dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Pengadilan Tinggi Kepri, Koarmada I, Korem 033/WP serta beberapa perwakilan dari para pegiat humas dari instansi lainnya.

Selain itu, hadir juga sejumlah organisasi wartawan dan media seperti PWI, AJI, AMSI, SMSI, JMSI, IWO serta sejumlah pemilik media.

Editor: Budi Adriansyah
Penulis: Jlu