Direktur RSUPP Betun : Pengobatan Gratis E-KTP dan BPJS Termasuk Pengambilan Obat di Apotik Harus Sesuai Aturan …. Baca Disini !!!!

Pengobatan Gratis menggunakan E-KTP dan BPJS harus memenuhi sejumlah persyaratan. Selain bisa menunjukka KTP -e Malaka dan BPJS juga harus membawa surat rujukan dari Puskesmas bila mau berobat di RSUPP Betun.

Setelah diperiksa di RSUPP Betun pasien tersebut diberikan resep dokter untuk mengambil obat di apotik rumah sakit . Bila obat stoknya habis pihak rumah sakit mengeluarkan resep obat supaya diambil pada Apotik yang sudah melakukan MOU dengan Pemerintah tanpa harus membayar saat pengambilan obat.

Bila pengambilan obat dilakukan di Apotik lain diluar MOU maka pihak rumah sakit tidak bertanggung jawab atas pembayaran itu.

Hal itu disampaikan Direktur RSUPP Betun, dr Oktalin Kiswadie kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (15/9-2020)

Dijelaskannya, selama ini pasien atau keluarga pasien sering salah kaprah terkait pengobatan gratis menggunakan KTP -e dan BPJS sehingga sering muncul penafsiran yang keliru terkait pengobatan gratis yang digelar pemerintah.

” Pelayanan pengobatan gratis dengan KTP-e atau BPJS di RSUPP Betun harus ada rujukan dari Puskesmas . Kalau tidak ada rujukan pihak RSUPP tidak bisa melayani karena tidak sesuai ketentuan. Bila dipaksakan maka bisa termasuk temuan dalam pemeriksaan”

” Kita harapkan kepada pasien atau keluarga pasien yang mau berobat di RSUPP harus mematuhi aturan sehingga tidak mengalami kendala saat pengobatan”

” Terkait obat bagi pasien yang berobat dengan KTP-e dan BPJS dokter akan memberikan resep untuk pengambilan obat di Apotik RSUPP Betun”

” Terkadang obat di Apotik RSUPP stoknya habis karena keterlambatan pengiriman dari Pabrik maka solusinya Pihak RSUPP akan mengeluarkan resep bagi pasien untuk mengambil obat di apotik yang sudah MOU dengan Pemerintah tanpa bayar sepeserpun”

” Pengambilan obat di apotik yang sudah MOU dengan pemerintah itu tidak melanggar aturan dan dibenarkan oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit”

” Stok obat di RSPP Betun sudah diupayakan untuk ready stock seperti Paracetamol, amoxilin, obat sesak napas namun pada masa pandemi seperti sekarang terkadang ada jedah waktu atau terlambat datang”

Dijelaskannya, Complain masyarakat terkait pasien yang merasa dirugikan supaya langsung datang bertemu direktur RSUPP Betun guna dicarikan solusi.

” Jangan asal ngomong dan buat satatus di media sosial. Kalau anda merasa didiskrimanasi atau ada sesuatu yang salah silahkan laporkan ke kami, tidak perlu di media sisial, karna saya gampang di cari di rumah sakit”

” Kalau anda mau pelayanan rumah sakit ini bagus jangan berkoar di medsos. Kalau merasa dirugikan silahkan dibuktikan dan bawa kwitansi pembelian obatnya supaya di cek kapa pasien itu dirawat, penyakitnya apa, mengunakan KTP-e atau BPJS sehingga diketahui permasalahannya untuk dicarikan solusi”

“Kalau pasien umum yang tidak ada identitasnya maka diberlakukan aturan pengobatan umum yakni harus bayar saat berobat. Kalau obatya tidak tersedia di RSUPP silahkan beli sendiri diluar”(boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *