Dinkes Malaka Tetap Mewaspadai Penularan Penyakit Pasca Banjir

Dinas Kesehatan Kabupaten Malaka tetap mewaspadai penularan penyakit Paska banjir Kali Motadelek – Malaka.

Dinas kesehatan melalui Puskesmas, Pustu dan Puskesdes tetap melakukan pemantauan dan penanganan bagi warga yang terdampak banjir di Desa Rabasa, Rabasa Haerain di Kecamatan Malaka Barat serta Desa Halibasar di Kecamatan Wewiku – Kabupaten Malaka – Provinsi NTT.

Dinkes juga tetap melakukan pemantauan terhadap desa-desa yang digenangi air hujan karena curah hujan yang tinggi dan berkepanjangan agar tidak berdampak bagi kesehatan warga.

Kadis Kesehatan Kabupaten Malaka, Paskalia Frida Fahik mengatakan hal itu kepada wartawan di Betun, Selasa (26/5-2020).

Dikatakannya, memperhatikan perkembangan desa yang terdampak banjir Kali Motadelek Dinas Kesehatan tetap mewaspadai kondisi masyarakat Pasca banjir terutama penyakit-penyakit yang timbul akibat banjir seperti diare, luka, badan gatal-gatal , badan ngilu dan lainnya..

” Dinkes melalui faskes di Kecamatan dan desa sudah diinstruksikan untuk siaga menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi agar warga tidak tertular penyakit pasca banjir”

” Khususnya untuk mengantisipasi diare kita minta warga agar tetap menjaga kebersihan , mencuci tangan dengan air bersih dan sabun serta minum air bersih yang dimasak”

“Terkait penanganan sumur yang terkontaminasi kita minta desa bersama warga melakukan pengurasan sumur selanjutnya dinkes melalui petugas di Puskesmas setempat memberikan kaporit supaya kuman-kuman bisa mati dan airnya steril saat digunakan”

” Sementara itu bagi desa yang terendam air hujan agar tetap waspada terhadap sumur yang terkontaminasi. Kalau sumurnya terkontaminasi supaya dikuras dan petugas di Puskesmas atau Pustu bisa memberikan kaporit untuk mematikan kuman sebelum digunakan”

” Rakyat di desa tetap waspada terhadap segala kemungkinan pasca banjir. Bila ada keluhan sakit supaya segera melaporkan kepada,petugas dan mendatangi faskes terdekat untuk mendapatkan pelayanan dasar” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *