Dinas PUPR Tetap Kawal Perawatan Jalan dan Jembatan di Malaka

Dinas PUPR Kabupaten Malaka melalui Bidan Binamarga terus berupaya mendorong berbagai upaya untuk melakukan perawatan jalan dan jembatan di Kabupaten Malaka.

Berbagai upaya sudah dilakukan terkait renacana itu. Pengerjaan bahu jalan, perawatan jembatan, pembersihan saluran sepanjang jalan raya termasuk memangkas dahan-dahan pohon yang menjorok masuk ke jalan guna memberi kenyamanan bagi pengguna jalan, membersihkan rumput dan belukar sepanjang bahu jalan termasuk menghimbau rakyat agar tidak tumpuk material pasir dan batu disepanjang pinggiran jalan .

Berbagai upaya yang dilakukan diatas sebagai wujud untuk menjaga infrastruktur jalan dan jembatan yang dibangun agar tetap berfungsi baik dan tidak mengalami kerusakan dengan harapan bisa memberi rasa nyaman dan aman bagi pengguna jalan.

Demikian hasil diskusi wartawan media ini bersama Kabid Binamarga Dinas PUPR Kabupaten Malaka, Lorens Haba di Betun, Minggu (26/7-2020) sore ini.

Dikatakannya, berbagai upaya yang dilakukan Bidang Binamarga Kabupaten Malaka merupakan implementasi dari salah satu Program unggulan Bupati Malaka , Stefanus Bria Seran dalam pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Malaka.

Dijelaskannya, sesuai arahan Bupati SBS dalam rapat bersama Dinas Teknis termasuk PUPR bahwa membangun infrastruktur jalan dan jembatan itu bukan sekedar bangun fisik jalan dan jembatan lalu selesai tetapi harus dijaga serta dirawat agar tetap baik dan terpelihara dari waktu ke waktu.

” Seperti disaksikan wartawan dalam beberapa minggu terakhir bidang Binamarga melakukan pembersihan di jembatan-jembatan di Malaka karena itu memang tugas, tanggung jawab dan kewajiban Binamarga melakukan perawatan atas jembatan yang sudah dibangun agar tetap terpelihara”

” Jembatan yang dibangun pemerintah harus dirawat secara rutin. Tidak boleh ada rumput ditengah jembatan supaya tidak merusak jembatan. Lubang saluran di jembatan jangan tersumbat agar air tetap mengalir keluar jembatan dimusim penghujan”

Dijelaskannya, pembersihan bahu jalan oleh petugas yang dilakukan selama ini merupakan bagian dari perawatan jalan yang dibangun agar rerumputan dan belukar tidak merusak badan jalan yang dibangun.

” Pembersihan bahu jalan dari rumput, belukar dan memotong seluruh dahan pohon yang masuk ke bahu dan badan jalan merupakan bagian dari upaya perawatan jalan”.

” Bupati SBS sering menasehati bahwa pembersihan bahu jalan itu juga ingin menunjukkan bahwa daerah kita ada penghuninya, ada Pemerintahannya dan juga ada rakyatnya”

” Karena pentingnya hal itu Bupati SBS melalui Sekda Malaka telah mengeluarkan surat edaran kepada seluruh Camat dan Desa agar memperhatikan kebersihan di wilayahnya masing-masing

” Seluruh bahu jalan harus dibersihkan dari rerumputan yang tinggi dan belukar. Dahan pohon yang menjorok masuk ke bahu dan badan jalan harus dipangkas agar tidak mengganggu pengguna jalan dan tidak boleh ada penumpukan material pasir dan batu di bahu dan badan jalan agar tidak membahayakan pengguna jalan”

” Dampaknya saat ini bagus sekali karena bahu jalan di Malaka hampir seluruhnya bersih dan terawat , menununjukkan daerah ini ada penghuni dan ada pemerintahan”

” Terhadap hal itu Pemerintah sudah bersurat menyampaikan apresiasi dan terima kasih ke Camat dan Desa yang wilayahnya bersih supaya tetap dijaga dan dirawat dimasa mendatang”

” Menyadari akan pentingnya kebersihan lingkungan dan pemeliharaan jalan di desa- desa Bupati SBS beberapa waktu lalu menggelar rapat dengan 127 Desa untuk angkat teda yang dibekali mesin potong rumput untuk melakukan bersihkan bahu jalan setiap hari di desa” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *