Dinas Ketahanan Pangan Malaka Benahi Management Produksi Ikan Bandeng Untuk Tingkatkan Mutu Produksi

Malaka – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malaka tetap melakukan pembenahan dalam management produksi ikan bandeng guna meningkatkan mutu produksi ikan dan PAD dari sektor perikananan.

Salah satu upaya yang dilakukan melalui penataan management produksi yakni dengan melakukan renovasi tambak berupa perbaikan dan penataan kembali tambak yang ada agar bisa meningkatkan mutu produksi ikan bandeng.

Direncanakan dalam satu tahun diharapkan bisa dilakukan penebaran ikan sebanyak dua kali agar bisa mengoptimalkan tambak ikan bandeng yang ada.

Hal itu disampaikan Kadis Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Malaka melalui
Kabid Perikanan Budidaya dan Tangkap, Stefanus N Klau kepada wartawan diruang kerjanya, Senin (28/10-2019)

Dikatakannya, untuk meningkatkan mutu produksi ikan bandeng pihaknya sudah melakukan perbaikan dan renovasi pada beberapa petak yang mengalami kerusakan dan perlu diperbaiki.

” Saat ini kita memiliki lima petak kolam ikan bandeng yang dikelola pemerintah melalui dinas”

“Tahun ini kita rehap petak ke 4 dan sudah rampung. Saat ini kita sementara keringkan petak kelima untuk direhab dan petak kelima dibagi menjadi dua petak karena terlalu besar ukurannya sehingga memudahkan pengontrolan di lapangan”.

” Saat ini Ikan dari petak 1 dipindahkan 2000 ekor ke petak empat yang sudah direhab sehingga tidak terlalu padat”

” Untuk tahun depan direncanakan penebaran ikan bandeng pada musim pertama digelar bulan Januari sehingga bisa panen pada bulan Juni”

“Pada bulan Juli kita melakukan tebar benih ikan pada musim kedua sehingga bisa panen pada bulan desember”

“Sementara Prediksi Panen ikan bandeng tahun ini akan dilakukan pada bulan November ini”

Ketika ditanya tentang perawatan ikan bandeng, Kabid Stefanus mengatakan setiap hari ikan yang ada diberi makan sebanyak dua kali.

” Dalam musim kemarau seperti sekarang kita juga pompa air dari saluran alam untuk dialirkan ke petak-petak karena proses penguapannya tinggi dengan harapan bisa ada oksigen baru yang masuk kedalam tambak”

” Di areal tambak diurus 17 petugas yang menjaga, mengontrol air dan memberikan makanan ikan setiap hari di tambak” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *