Di Harewe Klot – Petani Malaka Rame-Rame Panen Padi

Walau diguyur hujan lebat selama satu minggu terakhir para petani pada beberapa desa di Kecamatan Malaka Barat dan Weliman – Kabupaten Malaka mulai memanen hasil tanaman padinya.

Seperti disaksikan media ini selama dua hari terakhir, sejak Senin (25/5-2020) para petani pada beberapa desa di Malaka Barat seperti di desa Maktihan, Naas dan Motaulun serta Desa Kleseleon di Kecamatan Weliman melakukan panen padi di sawah.

Selain aktifitas panen di sawah terlihat para petani menjemur hasil panenan didepan pelataran rumah atau di bahu jalan negara didepan rumah mereka.

Sejak pagi tadi Pukul 6.00 Wita terlihat para petani dari beberapa desa diatas bergegas ke sawah membawa peralatan sabit, terpal dan mesin perontok padi.

Mereka terlihat bersemangat berjalan beriringan menuju sawahnya masing-masing.

Vinsen Seran, Petani asal desa Naas -.Malaka Barat kepada wartawan di lokasi persawahan Harewe Klot mengatakan biasanya setiap tahun keluarganya menggunakan waktu dua hari untuk panen padi.

” Tahun ini kami memilih untuk panen langsung rontok dan diangkut hasil panenan ke rumah untuk menjaga segala kemungkinan seperti hujan dan banjir”

” Kita tidak mau ambil resiko kalau kehujanan atau hasil panenan hanyut dibawa banjir karena kondisi alam seminggu terakhir curah hujan sangat tinggi”

Eny Seuk, Mahasiswa Unimor asal desa Naas -.Kecamatan Malaka Barat kepada wartawan mengatakan sangat senang bisa membantu keluarga panen padi di sawah.

” Saat ini kami mengikuti kuliah dan ujian daring dari rumah sehingga berkesempatan membantu orang tua panen padi di sawah”

” Senang juga bisa berkesempatan membantu orang tua panen padi tahun ini”

Marius, Warga desa Naas lainnya kepada wartawan mengatakan sangat senang bisa panen padi.

” Kami baru selesai panen dan hari ini kami keringkan padi menggunakan sinar matahari yang sangat cerah”

Meit Nai Bui yang lagi menjemur panenan padinya di bahu jalan negara kepada wartawan mengatakan keluarganya sudah selesai panen ditengah derasnya guyuran hujan beberapa hari lalu.

” Kami kawatir sekali, bila terlambat panen bisa mengakibatkan kerusakan padi karena terendam air hujan”

” Hari ini cuaca sangat cerah untuk menjemur padi agar tidak rusak karena hasil panenan masih lembab terkena hujan saat panen beberapa hari laku” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *