Desa Oanmane Gandeng Dinas PUPR Malaka Rancang Rencana Pengerjaan Saluran Drainase Terpadu di Desa Oanmane

Malaka (Advertorial ) Desa Oanmane di Kecamatan Malaka Barat – Kabupaten Malaka – Provinsi NTT menggandeng Dinas PUPR Kabupaten Malaka untuk merencanakan pembangunan saluran drainase terpadu di desa Oanmane.

Pasalnya, setiap tahun desa ini selalu digenangi air hujan di pemukiman penduduk pada empat dusun di desa itu.

Dalam perencanaan Dinas PUPR akan merancang sistim drainase terpadu di desa termasuk rencana pembiayaan sebagai acuan kerja.

Pemerintah desa Oanmane akan mengalokasikan anggaran secara bertahap untuk mengerjakan saluran itu agar warga terhindar dari genangan air dimusim penghujan.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Oanmane, Lukas Leky kepada wartawan di Sukabilulik- Desa Oanmane, Kamis (1/7-2020).

Kades Lukas mengatakan rencana pengerjaan saluran itu perlu dituangkan dalam rancangan perencanaan disertai gambar serta rancangan pembiayaan agar diajukan untuk dikerjakan melalui Dana Desa.

” Tahun ini empat dusun di desa kami digenangi air hujan sehingga tidak memberikan rasa nyaman bagi warga. Kita akan buat saluran sehingga saat hujan bisa menjadi sarana untuk mengalirkan air keluar perkampungan”

” Dinas PUPR sudah datang mensurvey lokasi di desa dan direncanakan untuk membuat gambar serta RAB sebagai acuan kerja kedepan”

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Malaka melalui Kabid Binamarga, Lorens Haba saat dikonfirmasi wartawan membenarkan hal itu.

” Kami sudah survey lapangan dan sudah berkoordinasi dengan Kepala Desa agar sebelum dikerjakan saluran terpadu perlu digambar agar secara teknis dapat dipertanggung jawabkan saat mau dibangun”

” Dalam perencanaan dan gambar yang dibuat akan menghitung elevasi air sehingga setelah dibangun bisa bermanfaat dengan baik”

” Selain mengerjakan saluran terpadu didalam perkampungan kita akan bangun deker dan gorong-gorong sebagai saluran pembuangan”

“Terkait pembiayaan kita selesaikan gambarnya dulu dan dinas teknis akan mengajukan kepada Bupati Malaka guna mendapatkan arahan lebih lanjut”

” Karena anggaran untuk mengerjakan saluran itu diperkirakan besar maka kita akan usulkan agar desa bisa mengerjakan melalui dana desa dan Dinas PU akan mengajukan juga kepada Bupati agar bisa diintervensi melalui APBD Malaka”

” Nanti kita akan lihat desa akan mengerjakan apa dan dinas PUPR akan mengerjakan bagian mana”

Kalak BNPB Kabupaten Malaka, Gabriel Seran kepada wartawan mengatakan terkait infrastruktur, pihaknya selaku Kalak sudah melakukan koordinasi dan membuat telaahan staf ke Bupati Malaka berkaitan dengan percepatan penanganan Covid 19 dan sudah didisposisikan ke Bagian keuangan dan dananya sudah disiapkan terutama untuk penanganan jembatan, deker dan jalan rusak yang menghambat akses ke Puskesmas dan RSUPP Betun dalam kaitan dengan rujukan pasien.

“Dalam penanganan genangan air hujan di desa Oan Mane dan Sikun sudah ada telaahan kepada Bupati Malaka dan sudah ada disposisi untuk pengerjaan gorong-gorong dan saluran air”. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *