Desa Diminta Proaktif Berkonsultasi Dengan Inspektorat Terkait Dana Desa

Malaka – Desa diminta proaktif berkonsultasi dengan Inspektorat Kabupaten Malaka terkait pemanfatan dana desa.

Sejak awal tahun 2019 Inspektorat telah membuka ruang bagi desa apabila menemukan kesulitan dilapangan agar segera berkonsultasi dengan tim inspektorat yang disiapkan untuk mengawal dana desa.

Dengan cara ini diharapkan dapat membantu desa agar dapat mengelola dana desa dengan benar, tepat sasaran , efisien, effektif dan transparan .

Hal itu disampaikan Inspektur Inspektorat Kabupaten Malaka, Remigius Leki kepada wartawan diruang kerjanya, Selasa (8/10-2019).

Inspektur Remi mengatakan sesuai pengamatan di lapangan ternyata banyak desa terdapat kelemahan dalam hal pelaporan keuangan dana desa serta administrasi sehingga ruang konsultasi itu dibuka untuk membantu desa.

” Intinya kepala desa tidak perlu malu berkonsultasi dengan inspektorat bila ada kesulitan di lapangan”

“Kebanyakan kita jumpai kepala Desa  bersikap acuh tak acuh dalam pertanggung jawaban keuangan. Hal seperti ini yang harus dihindari. Jangan sudah menggunakan uang tapi lupa mempertanggung jawabkan”

“Terkadang kepala Desa itu bukan mereka salah menggunakan uang tetapi dia  lemah dalam mengatministrasikan sehingga Inspektorat siap mendampingi ”

” Kita harapkan Dana Desa ini digunakan dengan pedoman yang sudah kita berikan sehingga tepat sasaran, bermanfaat untuk rakyat guna mensejahterakan masyarakat”

Dijelaskannya, tahun 2019
Inspektorat malaka tetap melakukan tugas pokok dan fungsinya diantaranya mengawal dana Desa  dari 127 desa di 12 kacamatan yang ada di kabupaten Malaka, hingga triwulan ketiga pemeriksaan sudah dilaksanakan.

” Pada triwulan keempat kita hanya melakukan pemantaun  terkait tindak lanjut yang harus mereka lakukan mulai Oktober hingga Desember” (ed)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *