Dari Seminar di Semarang : Bupati SBS Ingatkan Pentingnya Aspek Penganggaran dan Pembiayaan Dalam Perencanaan Kesehatan

Semarang, Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengingatkan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam perencanaan kesehatan yakni aspek penganggaran dan pembiayaan.

Pasalnya, sering terjadi diatas kertas perencanaannnya bagus tetapi tidak bisa ditindaklanjuti karena tidak tersedianya pembiayaan dan anggaran yang memadai.

Hal itu disampaikan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran saat memaparkan materi dalam Seminar yang digelar dengan Thema ” FK UNIKA SOEGIJAPRANATA: MEMPERSIAPKAN LULUSAN DOKTER UNTUK DTPK (Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan) di Semarang, Jumat (14/2-2020)

Dalam paparannya Bupati SBS mengingatkan bahwa dalam urusan penganggaran dan pembiayaan sering mengalami kemacetan.

” Saya sering katakan kalau perencanaan yang bagus tidak didukung dengan penganggaran yang memadai itu sebuah novel yang hanya enak dibaca tetapi tidak bisa diimplementasikan ”

“Ini penyakit yang dimiliki para konsultan dan akademisi . Omong luar biasa tetapi tidak bisa dilaksanakan karena membuatnya tidak sesuai input atau penganggaran yang dimiliki”.

Dijelaskannya, Penganggaran di dunia hanya ada 2 sistim pengganggaran.

Pertama, di negara maju biasanya rencanakan dulu baru anggarannya diplot.

Kedua, Kalau dinegara berkembang biasanya lihat banyaknya uang baru direncanakan sesuai ketersediaan uang.

” Macetnya, biasanya para konsultan dan dosen belajar di negara maju dan bawa ke Indonesia. Begitu buat rencana uangnya tidak ada” .

Dalam kesempatan yang sama Bupati SBS mengingatkan bahwa pengaturan penempatan tenaga dokter ahli harus memperhatikan lima hal yakni Jumlahnya , jenis-jenis tenaga, kompetensi dan pesebarannya.

” Didalam Pesebarannya, misalnya dokter ahli hanya dipusatkan di salah satu kota maka akan terjadi ketimpangan tenaga dokter ahli”.

” Selain faktor Pesebarannya juga harus memperhatikan beberapa faktor lainnya seperti Sarana prasarana kesehatan,
Perbekalan kesehatan, Sistim terkait serta Penganggaran dan pembiayaan” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *