Dari Rekoleksi Kategorial Adventus : Bupati SBS Ingatkan Pentingnya Mewaspadai Penyakit Akibat Migran

Malaka – Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengingatkan kepada semua pelaku kesehatan agar mewaspadai Penyakit-penyakit yang sering dibawa pulang migran ke kampung halaman khususnya di Kabupaten Malaka.

Dua hal yang hukumnya wajib diperhatikan yakni melakukan edukasi yang bagus pada masyarakat dan scining yang bagus agar penyakit yang ada tidak meluas di masyarakat.

Penegasan itu disampaikan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran kepada wartawan disela acara rekoleksi kategorial adventus bagi para ASN dan Pejabat, Pastor, Suster dan Frater di Wilayah Kabupaten Malaka, Senin (2/12-2019).

Bupati yang akrab dipanggil SBS itu mengatakan anak-anak Malaka yang bekerja diluar Malaka saat kembali ke kampung halamam bawa pulang penyakit AIDS dan mati muda. ” Apalagi yang sudah berkeluarga jangan sampai datang bawa pulang penyakit untuk istri dan anak-anak di rumah. Ini yang harus kita jaga”.

“Makanya tadi saya minta kepada pihak kesehatan supaya langkahnya harus melalui edukasi yang bagus dan scrining kesehatan yang bagus agar mereka yang datang supaya dicek baik-baik kesehatannya terutama transfusi darah”.

“Kita di Malaka banyak membutuhkan banyak darah sehingga harus di scrining kesehatannya supaja jangan sampai mereka yang memiliki penyakit AIDS dan Hepatitis tertransfusi. Tetapi rumah sakit kita baik sekali namun harus tetap diingatkan supaya tetap waspada”

“Edukasi tetap dilakukan supaya mereka yang datang jangan sampai membawa penyakit karena kebanyakan anak-anak yang kerja diluar waktu pulang sudah mengidap AIDS sehingga harus diwaspadai karena kita di Malaka termasuk tinggi pengidap penyakit AIDS”. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *