Camat dan Desa Harus Proaktif Laporkan KLB di Desa

Seluruh Camat dan desa di Kabupaten Malaka hukumnya wajib melaporkan setiap Kejadian Luar Biasa (KLB) yang terjadi di desa-desa.

Laporan yang diberikan bisa secara lisan atau tertulis agar segera mendapatkan penanganan kalau memang itu sangat mendesak dan dibutuhkan masyarakat.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengatakan hal itu kepada wartawan di Betun – Kabupaten Malaka – Provinsi NTT, Selasa (26/5-2020).

Bupati mengatakan terkait kejadian luar biasa seperti banjir dan luapan air hujan serta kejadian luar biasa lainnya harus segera dilaporkan kepada Bupati atau dinas teknis terkait untuk dilakukan penanganan secara cepat.

” Yang namanya KLB itu kejadian yang tidak direncanakan dan sifatnya emergency sehingga Camat dan desa langsung melaporkan hal itu kepada Bupati atau dinas teknis untuk selanjutnya dilakukan penanganan”

” Camat dan desa merupakan perpanjangan tangan Bupati di daerah sehingga sudah selayaknya memberikan informasi perdana terkait KLB di wilayahnya”

” Camat dan desa harus kreatif , cerdas dan memiliki kepekaan (sensivity) akan kejadian dan peristiwa luar biasa yang terjadi di wilayahnya untuk dilaporkan ke atasannya”

” Kalau sudah tahu ada KLB di wilayahnya dan didiamkam itu sama dengan pembiaran dan bisa berimplikasi hukum”

” Contoh kasus, bisa ada KLB seperti banjir dan genangan air hujan yang sangat merugikan dan mengganggu warga maka desa segera melaporkan kepada Camat untuk selanjutnya diteruskan kepada Bupati ”

” Saat kejadian Desa bisa langsung melaporkan kepada Bupati secara lisan baru dilanjutkan dengan laporan tertulis agar segera mendapatkan penanganan dinas teknis terkait” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *