BWS NT II Segera Pantau Kerusakan Bendung Benenai di Kabupaten Malaka – Provinsi NTT

Jajaran BWS NT II Provinsi Nusa Tenggara Timur segera memantau kerusakan Bendung Benenai di Boni- Kabupaten Malaka Provinsi NTT untuk melihat dari dekat tingkat kerusakan Bendung guna mendapatkan penanganan sesuai kewenangan yang dimiliki.

Hal itu disampaikan Kepala BWS NT II , Agus Sosiawan kepada,wartawan dari Kupang – Provinsi NTT, Jumat (10/7-2020).

Dikatakannya, terkait informasi tentang kerusakan di Bendung Benenai di Kabupaten Malaka pihaknya akan melakukan pemantauan di lapangan guna mengidentifikasi tingkat kerusakan yang terjadi.

” Kita akan panyau dan lihat tingkat kerusakanya . Kalau tingkat kerusakan ringan bisa dilakukan dengan OP rutin. Bila kerusakan sedang dengan OP berkala dan kalau berat dengan Rehabilitasi”.

” Program OP Berkala dan Rehabilitasi harus diprogramkan dulu melalui usulan kegiatan karena tidak setiap tahun ada anggaran”.

” Petugas kita akan turun ke Malaka untuk melihat dulu dimana posisi kerusakannya guna mengidentifikasi dan penanganan selanjutnya sesuai kewenangan yang dimiliki”

Seperti diberitakan media ini, Rabu (8/7-2020) menyebutkan salah satu persoalan yang dihadapi di Bendung Benenai adalah rusaknya tiga pintu penguras Bendung Benenai dan bocornya lantai pintu penguras Bendung merupakan persoalan krusial yang dihadapi dan memerlukan penanganan.

” Kerusakan pada tiga pintu penguras bendung dan ada lantai bendung yang bocor itu perlu menanpatkan penanganan agar bisa menampung air secara optimal untuk dialirkan ke rakyat yang menyebar di DI Malaka sayap kiri dan kanan”.

“Kalau ketiga pintu penguras itu baik maka semua material jatuh ke kali. Dengan demikian semua sedimen yang tertimbun diatas mercu terkuras. Setelah air jernih ditutup kembali dan genangan air diatas mercu itu bisa tertampung kembali dan berjalan normal untuk dialirkan ke rakyat” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *