Bupati SBS Sebut Malaka Barat Daerah Tersubur Seperti Amozone di Amerika

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran menyebut daratan di wilayah Kecamatan Malaka Barat – Kabupaten Malaka merupakan daratan tersubur di Pulau Timor -Provinsi NTT, seperti delta di Sungai Amazone – Amerika yang sangat menjanjikan kemakmuran bagi rakyatnya.

Salah satu penugasan kedepan yakni tetap menjaga daerah ini agar tetap terpelihara dengan cara merawat tanggul dan penguatan tebing sepanjang DAS Benenai agar tetap bagus sehingga bisa memberikan kemakmuran bagi rakyat.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengatakan hal itu saat bertatap muka dengan tim pencegahan Covid 19 tiga desa (Fafoe,Sikun dan Desa Oan Mane ) di Sikun – Kecamatan Malaka Barat – Kabupaten Malaka, Kamis (7/5-2020).

Dihadapan Satgas Pencegahan Covid 19 di Sikun Bupati SBS mengatakan tiga desa yang disinggahinya saat ini (Desa Fafoe,Sikun dan Oanmane) merupakan
daerah yang paling menikmati kekayaan Sungai Benenai karena seluruh humus dari daratan Timor bermuara ditempat itu.

“Daerah ini sangat subur seperti di Sungai Amazone -Amerika dan hal ini merupakan berkat Tuhan yang harus dijaga dan dipelihara dari waktu ke waktu dengan konsep penanganan melihat penyebab banjir”

” Tahun 2015 saat saya datang kampanye disini batuk-batuk karena abu naik di jalan-jalan tetapi saat ini sudah tertata dengan pembangunan jalan yang baik. Sebaliknya kalau hujan lumpur di jalanan dalamnya setinggi lutut manusia”

Bupati mengatakan dengan Pandemi Covid 19 saat ini dirinya bisa menginjakkan kaki di desa Manumutin Silole- Kecamatan Sasitamean dan Bubun -desa Tunmat di Kecamatan Io Kufeu serta Babotin-Botin Maemina di Kecatamatan Botin Leobele yang infrastruktur jalannya masih rusak dan membutuhkan perhatian untuk diperbaiki.

Dikatakannya, sejak satu bulan lalu dirinya bersama Forkopimda Kabupaten Malaka keliling dari desa ke desa hingga dusun untuk melihat kesiapan rakyat hadapi Covid.

” Kami datang kesini untuk lihat kesiapan rakyat karena pemerintah atasan mulai dari Pusat dan Provinsi sudah perintahkan untuk sisir dari desa ke desa, jaga rakyat dan melihat persoalan rakyat”

“Dalam penanganannya pengawasannya oleh alat negara yakni Polres Malaka dibantu TNI”

Kapolres Malaka, AKBP Albertus Neno dihadapan Satgas Pencegahan Covid di desa mengatakan kehadiran mereka merupakan kewajiban turun ke desa beri pencerahan ke rakyat

” Kita jangan tunggu sudah terpapar banyak baru turun ke lapangan karena terlambat seperti di negara -negara lain”

“Kami hadir disini dengan penuh ketulusan hati untuk melihat dari dekat persoalan dan kebutuhan rakyat termasuk upaya mencarikan solusi”

“Di Institusi Kepolisian juga sudah ada instruksi dari atasan supaya Polres di daerah menyatu dengan Forkopimda cegah Covid 19”.

“Beberapa hari lalu tim Kesehatan dari Provinsi NTT dan LSM datang pantau di Malaka. Saat mau pulang mereka masih mampir di kantor menyampaikan bahwa apa yang dilalukan di Malaka sangat bagus, beda dengan daerah lainnya terkait kesiapan masyarakat, faskes dan kerja sama berbagai stake holder dalam penanganan Covid 19″

” Kita perlu ingatkan lagi bahwa Penyakit Covid sangat kejam dan sadis karena dalam waktu relatif singkat sudah menyebar dan merenggut nyawa manusia”

” Kita harus sosialisaai dan sesering mungkin beri penyuluhan karena kekuatan untuk hadapi Covid ada di rakyat”.

” Kita harus tetap waspada dan ingatkan rakyat supaya patuh dan taat menjalankan protokol kesehatan seperti mengenakan masker saat keluar rumah, sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun, jaga jarak dan tidak berkerumun”

Camat Malaka Barat, Efraim Bria Seran mengapresiasi kehadiran tim pencegahan Covid 19 yang mengunjungi pos-pos Pencegahan Covid di Malaka Barat.

” Kehadiran Bapak Bupati bersama Kapolres sangat menguatkan rakyat dalam menghadapi Pandemi Covid 19 itu”

Tokoh masyarakat Malaka Barat, Yoseph Seran Seko kepada wartawan di Sikun mengatakan kehadiran tim Forkopimda di desa-desa sangat positif karena bisa memberikan pencerahan dan penguatan kepada rakyat supaya tidak takut dan galau. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *