Bupati SBS : Saya Akan Terus Berjalan Menyapa Rakyat

Sudah sebulan lebih, Bupati Malaka Stefanus Bria Seran bersama Kapolres Malaka AKBP Albertus Neno, Sekda Malaka Donatus Bere dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Malaka berkunjung dari satu kecamatan ke kecamatan lain, dari satu desa ke desa lain bahkan tak jarang duduk dan berbicara di dusun-dusun.

Catatan perjalanan ketika selalu mendampingi Bupati SBS, begitu biasa Bupati Malaka disebut, ada hal-hal dan sisi lain yang jarang sekali ditemui.

Pria yang selalu mengenakan baju putih ketika menyapa warganya itu sering sekali turun dari mobil dan berjalan kaki, ratusan meter jauhnya. Setiap kali turun dari mobil, Bupati SBS meminta sopirnya untuk memarkir mobil sedikit jauh dari tempat pertemuan sehingga bisa berjalan beberapa meter.

“Saya sudah biasa berjalan kaki dan olah raga jalan kaki rutin saya jalankan beberapa tahun belakangan, hingga detik ini. Langkah maksimal sehari harus 6000 ribu langkah, dan itu saya lakukan” akunya di hadapan para wartawan.

Dan memang terlihat, di usia 62 tahun ini, Bupati SBS sangat segar dan sehat.

Ketika ditanya, soal kunjungan ke masyarakat yang terus dilakukannya bersama Forkopimda dan Perangkat Daerah dirinya menegaskan akan terus berjalan untuk menyapa rakyatnya.

“Dalam situasi seperti ini, jangan biarkan rakyat sendirian. Jangan biarkan rakyat cemas dan gelisah. Pemimpin harus berada di tengah masyarakat dan itu yang sementara kita lakukan,” ungkapnya.

Lanjut pria kelahiran 26 Desember itu, seorang pemimpin harus mampu menjaga rakyatnya, harus mampu memberikan kekuatan dan peneguhan kepada rakyatnya sehingga tetap merasa bahwa mereka tak pernah berjalan sendirian.

Dan seperti disaksikan, bukan hanya pada saat pertemuan bersama warga akan tetapi di setiap Posko Pencegahan Covid 19 di setiap jalan yang dilewatinya, Bupati Stef selalu turun dan berbicara dengan petugas penjaga posko dan warga sekitar yang kebetulan berada tak jauh.

“Kita lakukan semua ini dari hati, tulus karena rakyat kita butuh penguatan dan informasi yang tepat dan akurat dari pemerintah terkait pandemi ini,” ujar Bupati Perdana Malaka ini.

Satu kalimat yang terungkap dari Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran kepada setiap warga yang ditemui di lapangan yakni dirinya sangat bangga bahwa rakyat mengindahkan himbauan pemerintah dengan taat kepada protokol kesehatan.

“Semoga dengan mentaati dan mengikuti himbauan pemerintah sehubungan dengan protokol kesehatan, kita dan Rai Malaka tercinta ini bisa terhindar dari virus corona,” pungkas mantan Kadis Kesehatan Provinsi NTT selama 13 tahun ini. (hk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *