Bupati SBS Pembuat Sejarah Dalam Penanganan Banjir Bandang Benenai di Malaka – NTT

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran merupakan figur Bupati Malaka Perdana yang mampu membuat terobosan-terobosan cerdas dan memiliki pemikiran briliant dalam hal penanganan banjir bandang Benenai di Kabupaten Malaka – Provinsi NTT.

Sejak tahun 2016 SBS memimpin Malaka berbagai kebijakan dibuat dan dikeluarkan dalam hal penanganan banjir bandang Benenai.

Mengatasi banjir dengan cara mengatasi penyebab banjir bandang di Malaka merupakan terobosan cerdas yang dilakukan Bupati SBS selama masa kepemimpinannya selama lima tahun terakhir.

Banjir itu terjadi karena dua hal yakni debit air kali besar sehingga air meluap keluar dari alur sungai sehingga perlu meninggikan tebing melalui program penguatan tebing. Kedua, ada pendangkalan sungai sehingga perlu dinormalisasi agar bisa menampung debit air .

Melalui dua konsep penanganan banjir ala Bupati SBS selama lima tahun terakhir banjir dapat dieliminir .

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengatkan hal itu kepada wartawan di kediaman Haitimuk-Malaka -Provinsi NTT, Sabtu (19/9-2020)

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengatakan sesungguhnya penanganan banjir bandang Benenai dilakukan secara terpadu mulai dari hulu hingga hilir kali Benenai yang melibatkan empat Kabupaten yakni Kabupaten TTS, TTU, Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka yang difasilitasi Pemrov NTT.

Dikatakannya, Pemprov NTT melalui berbagai program telah melakukan berbagai terobosan untuk mengelola potensi air yang bersumber dari Kali Benenai mulai dari hulu ke hilir.

” Bendungan Temef misalnya sebagai upaya untuk mengoptimalkan potensi air di hulu sehingga air yang tiba di hilir (Kabupaten Malaka) semakin berkurang dimusim penghujan”

” Dalam kunjungan kerja Bapak Wakil Gubernur di Malaka belum lama ini sudah menyampaikan untuk melakukan penataan sumber daya air mulai dari hulu hingga hilir kali Benenai sehingga potensi air yang ada tidak begitu saja mengalir ke laut tetapi bisa dimanfaatkan rakyat untuk berbagai usaha dibidang pertanian”

” Kita di Kabupaten Malaka sebagai daerah hilir sungai Benenai tentu sangat mengapresiasi rencana dan program Pemprov NTT untuk membuat jebakan- jebakan air agar dimanfaatkan rakyat”

” Sebagai Kabupaten hilir kita terus melakukan penataan dan penanganan secara terpadu bersinergi dengan Pemprov NTT dan Pempus terkait penanganan DAS Benenai terutama untuk mengatasi penyebab banjir”

” Keuntungan ganda yang bisa didapatkan dari penanganan banjir bandang Benenai melalui konsep penanganan mengatasi penyebab banjir rakyat bisa terbebaskan dari Bencana banjir juga bisa mengoptimalkan pemanfaatan air yang bersumber dari kali Benenai untuk percepatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Kabupaten Malaka” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *