Bupati SBS : BPD Harus Bekerja Sama Desa Cegah Penularan Covid 19

Badan Permusyawaratan Desa ( BPD) yang dilantik harus bisa bekerja sama dengan Kepala Desa dan Aparat Desa dalam mengatasi penularan Covid 19 di desa.

Selain itu anggota BPD terlantik harus bisa memperkuat Pemerintahan Desa dalam rangka mengoptimalkan potensi yang ada di desa masing-masing agar masyarakat desa makmur dan sejahtera.

Penegasan itu disampaikan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran kepada wartawan di Betun, Selasa (7/4-2020)

Bupati menjelaskan pelantikan anggota BPD secara online merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengeliminir penularan Covid 19 dan hal itu sebagai salah satu wujud menjalankan protokol Pempus dalam rangka pencegahan Covid 19.

” Kepada anggota BPD yang dilantik kita minta untuk perkuatan Pemerintahan Desa dalam rangka mengoptimalkan potensi yang ada di desa masing-masing agar masyarakat desa makmur dan sejahtera”,

” Untuk suasana Covid-19 kita minta kepada BPD terlantik agar bersama Kepala Desa dan perangkat desa masing-masing mengajak masyarakat untuk laksanakan petunjuk pemerintah atasan pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kecamatan sehingga desa bebas virus Covid-19″.

Dari pantauan wartawan media ini pada hari ini di beberapa Kecamatan dilakukan Pelantikan Online di masing-masing Kecamatan oleh Camat setempat mewakili Bupati Malaka.

Camat Malaka Timur, Christina H Ngadji saat dikonfirmasi Wartawan membenarkan pelantikan online yang digelar di Kantor Camat Malaka Timur.

” Tadi kita lakukan pelantikan anggota dua desa dan prosesnya pembacaan keputusan Bupati Malaka, tentang Peresmian Anggota BPD Periode 2020 – 2026 untuk Kecamatan Malaka Timur. Kedua Pembacaan Berita Acara dan Pernyataan Pelantikan Anggota BPD. Ketiga Penandatanganan Berita Acara dan Pernyataan Pelantikan Anggota BPD se Kec. Malaka Timur”

” Hari ini kita lantik anggota BPD 2 desa secara online yakni desa Dirma dan desa Numponi”

” Anggota BPD Desa Dirma yang dilantik atas nama Petrus Luan, Yeremias Moses Roman, Blandina Bete, Agustina Biar dan Yoseph Bere”

” Sementara itu anggota BPD Desa Numponi yang dilantik atas nama Bernadus Bisik, Yakobus Moko, Acacio A.R. Mantero, Yoseph Lala Torin, Gabriel Manek, Getrudis Abuk, Theresia Tay, Yosefina Lin Bouk dan Veronika Funan”.

” Kita berharap para anggota BPD yang dilantik bisa bekerja sama desa untuk membangun desa”

Camat Laenmanen, Blasius Berek Bau kepada wartawan mengatakan pihaknya sudah melantik anggota BPD 7 desa di Kecamatan Laenmanen secara online”

” Tujuh anggota BPD yang dilantik itu dari desa Kapitan Meo, Tniumanu, Nauke Kusa, Tesa, Meo Troi , Bonibais dan desa Uabau”

Sementara itu di Kecamatan Malaka Barat Camat Efraim Bria Seran melantik 67 anggota BPD pada 11 .desa yakni desa Lasaen, Besikama, Umalor, Umatoos, Sikun, Fafoe, Maktihan, Motaulun, Rabasahain, Loofoun dan Rabasa.

” Sesuai arahan Bupati hari ini kita,gelar pelantikan online. Kami siarkan dari kantor Camat secara online”

Di Malaka Tengah, Camat Malaka Tengah, Eduardus Bere Atok melantik 92 anggota BPD secara online untuk 17 desa di Malaka Tengah yang digelar di Kantor Camat Malaka Tengah.

Camat Edu mengatakan Pelantikan secara online itu berdasarkan petunjuk Bupati Malaka untuk mengikuti Protokol Pempus dalam mengeliminir penyebaran Covid 19 .

“Kita harapkan anggota BPD terlantik bisa bersinergi dengan desa dalam berbagai aspek untuk percepatan program pembangunan di desa” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *