Bupati Malaka Serahkan Izin Operasional Sembilan Sekolah di Malaka

Bupati Malaka,Stefanus Bria Seran menyerahkan Ijin Oprrasional bagi sembilan sekolah yang menyebar pada tujuh kecamatan di Kabupaten Malaka yang digelar di Aula Kantor Bupati Malaka, Senin (21/9-2020)

Sembilan psekolah yang menerima SK ijin operasional itu yakni, SMPN Babotin di Kecamatan Botin Leobele, SMPN Tafatik Liurai Builaran di Kecamatan Sasitamean. SMPN Barada di Kecamatan Malaka Tengah, SMPN Saenama di Kecamatan Rinhat.
SMPN Klisuk Lor di Kecamatan Wewiku, SMP Swasta 17 Agustus Webalu di Kecamatan Weliman, SMPN St. Isidorus 2 di Malaka Barat, TK Negeri Kuntum Tamiru, Umatoos di Malaka Barat.


Dalam kesempatan penyerahan IO itu Bupati Malaka yang akrab dipanggil dengan SBS itu mengatakan penyerahan Surat Keputusan (SK) ijin operasional pendirian sekolah baru itu terdiri dari 5 SMPN, 2 SMP Swasta, 1 SD Negeri dan 1 TK Negeri.

Dengan dikeluarkannya SK ijin operasional ini maka sekolah yang ada bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan aman dan lancar. Selain itu mereka bisa merencanakan program sendiri dalam menunjang pendidikan  dalam mendidik anak-anak daerah ini.


Dikatakannya, penyerahan SK Ijin Operasional ini diberikan kepada 9 sekolah yang ada di Malaka. Selama ini pembelajaran sudah berjalan namun ruang geraknya sangat terbatas. Padahal kehadiran sekolah ini untuk menghasilkan sumber daya manusia (SDM) anak-anak di daerah ini.

“Ini untuk menambah SDM anak-anak di Malaka. Makanya kita berikan ijin operasional karena selama ini nasib sekolah yang ada belum jelas. Setelah melalui pengkajian, sekolah-sekolah ini layak menerima ijin operasional,”

” Dengan pemberian SK ijin operasional maka diharapkan sekolah yang ada bisa merencanakan program sendiri agar bisa mendapatkan alokasi anggaran daerah untuk infrastruktur pendidikan”

“Kalau sudah ada SK  ijin operasional maka mereka bisa dapatkan alokasi anggaran dari daerah. Harapan pemerintah, manajemen 9 sekolah ini mengelola lembaganya dengan baik,”

Ketua DPRD Malaka, Adrianus Bria Seran, S.H pada kesempatan ini mengapresiasi terhadap langkah pemda yang telah menerbitkan SK Ijin operasional buat 9 sekolah ini. Lembaga dewan tentu dengan memperhatikan keuangan yang tersedia tentu siap mengalokasikan untuk operasionalnya kedepan.

“Kita di lembaga dewan ucapkan terima kasih kepada pemerintah karena selama ini sembilan sekolah ini sangat berharap adanya ijin operasional dan hari ini sudah diserahkan. Kita akan alokasikan anggaran sesuai kemampuan daerah,” ( boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *