Bupati Malaka Minta Seluruh Komponen Masyarakat Harus Terus Semangat Mengedukasi Rakyat Untuk Perang Melawan Covid 19

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran meminta kepada seluruh komponen masyarakat Kabupaten Malaka agar terus mengedukasi rakyat untuk berperang melawan Covid 19.

Selaku Bupati dirinya meminta supaya, semua elemen masyarakat tanpa kecuali harus bergandengan tangan dan bahu membahu untuk memerangi penyakit yang mendunia itu.

Tidak bisa ada orang lain yang membantu kita kecuali diri kita sendiri, di masing-masing kekuarga, Desa, Kecamatan , Kabupaten, Propinsi dan Pusat termasuk luar negeri
Kita terus lakukan kegiatan terutama sosialisasi kepada rakyat supaya rakyat berpartisipasi.

Permintaan itu disampaikan Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran kepada wartawan di kediaman Haitimuk- Malaka, Senin (6/4-2020)

Dikatakannya, dalam menghadapi Pandemi Covid 19 kekuatan utama hanya ada pada rakyat dan rakyat harus terlibat . “Kalau rakyat terlibat tidak ada sesuatu yang berat yang tidak bisa kita atasi”.

“Kita mohon kepada teman-teman wartawan supaya setiap hari harus menulis masalah ini dan meminta partisipasi masyarakat agar bersama-sama pemerintah memerangi penyakit ini” .

“Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak agama yang dengan sangat bijaksana untuk kemanusiaan dan untuk kepentingan keselamatan fisik telah meniadakan Kebaktian selama Paskah tahun ini. Ini hal yang sangat luar biasa yang pernah saya lihat”.

” Saya sudah hidup dibumi ini 62 tahun lebih baru kali ini ada pengumuman dari gereja bahwa semua kegiatan gereja ditiadakan , berdoa masing-masing di rumah dan mengikuti ibadat melalui On line karena kita terancam penyakit ini”

” Jadi ini satu bukti bahwa persoalan yang kita hadapi tidak main-main sehingga semua lembaga keagamaan baik itu agana Katolik, Protestan, Islam, Hindu/Budha, Confucu dan aliran kepercayaan telah bersepakat tidak melakukan kegiatan kebaktian selama pemerintah masih umumkan kita masih dalam keadaan bahaya karena penularan Covid 19″.

Dijelaskannya, Penanganan Covid 19 yang terutama itu Pemerintah Daerah bersama semua komponen masyarakat di Kabupaten Malaka baik itu sipil, TNI -Polri, Swasta, Lembaga Agama, lembaga kemasyarakatan, Guru , Pengusaha, Pemuda dan Komponen masyarakat serta unsur masyarakat lainnya tugas utama adalah mengedukasi rakyat. Memberikan sosialisasi kepada rakyat untuk bersama mencegah penularan Covid 19.

” Cara mencegahnya laksanakan tugas sesuai kemampuan kita masing-masing yaitu

Pertama, jaga kebersihan diri, kebersihan keluarga dan jaga kebersihan lingkungan kita masing-masing dengan cara-cara sederhana seperti cuci tangan setelah beraktifitas baik sebelum dan sesudah makan, keluar masuk rumah cuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun.

Kedua, taati himbauan pemerintah yaitu jaga jarak dalam keluarga baik istri, suami dan anak-anak. Supaya duduk jaga jarak dalam rumah. Mereka yang batuk pilek pake masker dan orang sehat tidak perlu mengenakan masker

Ketiga, Makan yang teratur, makan yang cukup dan minum air yang banyak.

Keempat, tidak boleh keluar rumah kalau tidak sangat perlu . Dirumah saja dan tidak boleh berkumpul serta tidak boleh bergerombol.

Kelima, tidak boleh membuat kegiatan yang mengundang banyak orang berkumpul baik itu kegiatan sosial kemasyarakatan, kegiatan keagamaan termasuk kegiatan politik. Itu tidak boleh untuk sementara waktu . Kita harus bahu membahu untuk berbuat seperti itu.

Keenam, kita menghimbau kepada seluruh keluarga kita yang baru datang dari luar Malaka entah itu dari Jakarta, Pulau Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi , Irian Jaya bahkan dari luar negeri supaya lapor diri di pemerintah setempat dan isolasi diri selama 14 hari serta tidak boleh buat acara.

Ketujuh, Apabila batuk, pilek, demam dan sesak napas segera lapor ke Call Center kita untuk dijemput agar ditangani pihak kesehatan”. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *