BupatI Malaka : Kekuatan Besar Melawan Covid 19 Itu Partisipasi Rakyat

Salah satu kekuatan terbesar untuk perang melawan penyebaran Covid 19 adalah partisipasi rakyat.

Partisipasi rakyat yang dimaksudkan disini adalah membangun kesadaran bersama seluruh komponen masyarakat untuk memutus mata rantai penyebaran Virus agar tidak menular kepada orang lain dengan cara menjaga pola hidup bersih dan sehat untuk diri sendiri, keluarga dan lingkungan serta menjaga jarak supaya tidak ada kerumunan orang sehingga tidak memberi ruang bagi penyebaran Virus.

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran mengatakan hal itu kepada wartawan di Betun, Selasa (31/3-2020)

Bupati menjelaskan kekuatan untuk melawan virus itu ada di rakyat.

” Rumah rakyat adalah rumah sakit kita. Rumah rakyat adalah tempat isolasi yang paling bagus”.

Dikatakannya, pemerintah daerah dengan segala daya yang dimiliki tetap berkewajiban menyiapkan rumah sakit yang representatif untuk melayani rakyat.

” Terkait permintaan Bapak Gubernur supaya Kabupaten Malaka bisa jadi rumah sakit second line maka kita siapkan rumah sakit disini untuk terima pasien Korona”

“Tadi sudah ada laporan dari Direktur RSUPP bahwa RSUPP Betun sudah menyiapkan ruang isolasi bagi penderita penyakit Covid 19 dengan kapasitas 19 tempat tidur  bersama peralatan dan tenaga medisnya”.

” Kita sudah siapkan semuanya tetapi kita berharap tidak digunakan karena tujuan kita menjaga rakyat agar tetap sehat”

Kadis Kesehatan Kabupaten Malaka, Paskalia Frida Fahik kepada wartawan menjelaskan sesuai arahan Bupati Malaka pihaknya melalui Puskesmas dan Pustu tetap mengedukasi rakyat akan bahaya dan cara pencegahan Covid 19.

” Kita harapkan seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Malaka berperan aktif mengedukasi rakyat dimana dia tinggal untuk mencegah penyebaran virus Korona” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *