Bupati Malaka Dinilai Sukses Tangani Banjir Bandang Benenai

Malaka –  (Adv) Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran dinilai sukses menangani banjir bandang Benenai dengan konsep mengatasi persoalan banjir ketimbang mengatasi efek banjir.

Ini satu bukti bahwa Bupati SBS adalah pemimpin yang cerdas, berkomitmen, bukan hanya sekedar omong tetapi bisa membuktikan kepada rakyat Malaka bahwa dirinya bukan sekedar konseptor tetapi juga bisa diimplementasikan dilapangan dan hasilnya benar-benar dirasakan serta dinikmati rakyat Malaka.

Konsep berpikir seperti ini yang harusnya diadopsi calon pemimpin di Kabupaten Malaka untuk kesinambungan pembangunan di Rai Malaka.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malaka, Devi H Ndolu kepada wartawan di Betun, Jumat (20/12-2019).

Dikatakannya, Sebagai Bupati Perdana di Kabupaten Malaka seorang SBS dengan segala daya dan kapasitas yang dimiliki mampu berbuat yang terbaik untuk rakyat yang dipimpinmya terutama dalam mengatasi persoalan banjir bandang Benenai.

” Tidak berkelebihan kalau boleh saya sampaikan bahwa Bupati SBS itu pembuat sejarah dalam penanganan banjir bandang Benenai sejak berdirinya Kabupaten Belu dan Malaka sekaligus menjadi pemimpin dan Bupati pertama yang mampu atasi banjir di daerah Malaka”

Dikatakannya, banjir Malaka yang sering disebut banjir bandang Benenai itu dalam beberapa tahun belakangan tidak banyak meluap ke pemukiman penduduk karena setelah SBS memimpin Malaka semua perhatian fokus dan terarah untuk menangani banjir bandang itu.

” Banjir itu bisa meluap ke pemukiman penduduk dan merusak fasilitas publik karena permukaan air sama dengan tebing dan juga ada penyempitan kali akibat penimbunan sedimen dan material banjir bandang. Itu penyebab banjirnya sehingga terobosan yang dilakukan Bupati SBS bersama jajarannya yakni melakukan penguatan tebing dan meninggikan tebing kali melalui program bronjong. Karena kalinya setiap tahun ada banjir maka ada penimbunan sedimen dan material banjir sehingga dengan sedikit sentuhan melalui normalisasi alur sungai maka saat banjir aliran air lancar mengalir hingga laut”

” Ini satu bukti bahwa seorang pemimpin harus bekerja dengan hati supaya berhasil dan bermanfaat untuk rakyat. Hal itu sudah dibuktikan Bupati SBS melalui program cerdasnya dan terbukti berhasil dan rakyat bisa bernapas lega”

” Yaaa harus diakui bahwa penanggulangan banjir bandang Benenai belum semuanya mulus seperti harapan bersama seperti pengerjaan bronjong di Naimana karena itu major force dan bisa saja terjadi kapan dan dimana saja namun menurut saya secara keseluruhan berhasil 80 hingga 90 persen dan dinikmati rakyat”

” Saya sudah keliling semua dan lihat hasil kerja bronjong ternyata luar biasa dan berhasil karena dimana-mana ada bronjong dan tanggul yang bisa melindungi rakyat saat banjir”

” Sekedar ingatkan saja bahwa rakyat Malaka Barat sempat terendam air banjir bertahun-tahun hanya karena bocornya tanggul sekitar 20 meteran di desa Lasaen namun untuk mengatasinya bertahun-tahun tidak juga beres. Sementara dalam kepemimpinann SBS bisa kerjakan tanggul dan penguatan tebing dimana-mana berkilo kilo panjangnya sehingga rakyat Malaka Barat dan Weliman bisa terbebaskan banjir hingga saat ini”

“Ini sebuah bukti bahwa Bupati SBS benar-benar bekerja dengan hati dan cerdas serta sungguh-sungguh sehingga rakyat bisa bebas dari banjir bandang selama beberapa tahun terakhir”

“Menurut saya hal-hal seperti inilah yang harus ditiru terkait ethos kerja seorang Bupati SBS bila kita mau Malaka kedepannya bisa maju dan berkembang menjadi Kabupaten Perbatasan yang disegani di Provinsi NTT dan juga di Indonesia”

“Masyarakat Kabupaten Malaka harus realistis melihat capaian yang sudah dibuat Bupati SBS walaupun harus diakui masih terdapat kekurangan yang harus dibenahi kedepannya. Namun itu sebuah upaya yang harus dilihat dan diakui bahwa selama empat tahun terakhir persoalan banjir bandang dapat diatasi dan rakyat Malaka senang karena berbagai hasil pembangunan yang sudah dibangun dapat dijaga dan tidak dirusak banjir. Itu yang namanya PERUBAHAN dan Bupati SBS sudah membuktikan hal itu kepada rakyat ” (adv/boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *