Bupati Malaka Ajar Stunting Kepada Tim Penggerak PKK Desa dan Pengelola PAUD

Malaka – Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran memberikan ilmu dan mengajar tentang Stunting kepada para Ketua l pengelola PAUD se-Kabupaten Malaka, Selasa (22/10) di Aula SMA Fajar Timur Kobalima. Kegiatan ini bertemakan Sosialisasi Pendidikan Keluarga pada 1000 Hari Pertama Kehidupan dalam rangka Penurunan Angka Stunting di Kabupaten Malaka tahun 2019 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malaka.

Bupati Stef yang adalah dokter senior di Provinsi NTT ini mengemukakan bicara stunting harus bicara dari hulunya bukan hilirnya.

“Artinya bicara stunting itu harus dimulai sejak 2 orang anak manusia berkenalan dan ingin membentuk kehidupan rumah tangga. Saat itulah bicara tentang stunting, bukan setelah anak lahir dan sudah besar,” katanya.

Menurut mantan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT ini, bicara tentang stunting berarti bicara tentang manusia yang dibentuk 4 hal yakni keturunan (genetika), lingkungan di mana dia berada, perilaku dan pelayanan kesehatan.

“Sering saya katakan di mana-mana, bahwa 4 hal ini harus selalu menjadi fokus perhatian sehingga kita mendapatkan generasi dan masa depan yang berkualitas,” ungkap mantan Kadis Kesehatan Kabupaten Sumba Timur ini.

Bupati Malaka juga mengapresiasi bahwa bicara tentang stunting harus dimulai dari keluarga.

“Keluarga sebagai sel pertama dan utama dalam kehidupan sosial kemasyarakatan harus menjadi ujung tombak dalam menurunkan angka stunting. Dengan demikian kita mendapatkan generasi yang benar-benar berkualitas demi kemajuan bagsa dan daerah ini,” katanya lagi.

Kegiatan ini dihadiri Staf Ahli Bupati, Tim Penggerak PKK Kabupaten dan Desa, Dharma Wanita Persatuan, Pimpinan Perangkat Daerah dan undangan lainnnya. (Kominfo malaka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *