Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Headline

Bungkam Persija, Bintang Timur Pimpin Klasemen Grup D Turnamen Nusantara Open

143
×

Bungkam Persija, Bintang Timur Pimpin Klasemen Grup D Turnamen Nusantara Open

Sebarkan artikel ini

BOGOR: Academy Bintang Timur (BeTA) Atambua, NTT sukses memetik hasil positif saat menghadapi tim Macan Kemayora Persija Jakarta pada laga perdana Grup D Turnamen Nusantara Cup Piala Prabowo Subianto, Senin, 18 Juli 2022. Skuad Macan Batas BeTA Atambua menang dengan skor 3-1 pada laga tersebut.

Kemenangan Macan Batas lantas disambut gembira suporter NTT bersama Manejer Tim Serena Francis. Perempuan milenial yang akrab disapa Rena itu pun berharap BeTA Atambua tetap fokus untuk bisa lolos ke babak ke dua Piala Prabowo Subianto 2022.

“Puji Tuhan Bintang Timur mampu meraih kemenangan pada laga perdana melawan tim elit pro Liga 1 Persija Jakarta. Ini awal yang bagus dan menjadi modal yang baik untuk menghadapi dua laga selanjutnya melawan Borneo FC dan Maluku Selction,” ujar Rena usai menyaksikan anak-anak dari tapal batas RI-Timur Leste berlaga di Stadion Pakansari, Bogor.

Tampil sebagai tim yang tidak diperhitungkan, anak-anak tapal batas BeTA Atambua langsung meladeni serangan tim ibukota Persija. Dari sebuah counter attack di menit ke-6, Putra FD Tinoyo menyodorkan true pass yang diselesaikan Juliandro Steyen Alfons, gol BeTA Atambua memimpin 1-0.

Pertarungan di babak pertama berjalan sengit. Baik Persija maupun Bintang Timur saling bergantian melakukan tekanan. BeTA Atambua menambah gol di menit ke-10. Putra kembali menjadi kreator lahirnya gol yang dicetak kapten kesebelasan Glen Saputra Billi. Ketinggalan 2 gol Persija berusaha bangkit, sayangnya di menit ke-24, melalui serangan balik, bek kiri Alexander Hadiman Bala berhasil menusuk ke pertahanan tim Macan Kemayoran, sepakannya tak mampu dihadang penjaga gawang Persija M.Ghana Hadi, skor 3-0 hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua, Persija berusaha bangkit, namun berkat pertahanan yang berlapis, membuat serangan Persija dapat dipatahkan lini pertahanan BeTA Atambua yang dikoordinir Mohamad Iqbal dan Martinus Januarius. Gol hiburan Persija diperoleh di menit ke-75 lewat sontekan M.Iqbal Aminulah.

Pertandingan Persija vs Bintang Timur berjalan dengan sportifitas yang tinggi, hanya 1 kartu kuning yang keluar dari wasit Saiful Bahri untuk pemain Persija Zaid Imam Nawawi.

“Kemenangan yang berharga bagi Bintang Timur, karena yang dilawan klub besar Persija. Dengan kekuatan, kekompakan dan fighting spirit, anak-anak desa ini bisa mengalahkan teknik yang diusung Persija. Hasil ini adalah buah kerja keras pemain di lapangan. Saya hanya memberikan skema permainan, tapi pemain luar biasa mereka bisa melakukan lebih dari yang saya perkirakan,’ tegas pelatih BeTA Maman Suryaman.

Kita bisa curi gol di babak pertama, namun setelah memasuki babak ke dua kita kedodoran, ini catatan yang perlu dievaluasi. Yang penting hasil hari ini kita nikmati dulu, lanjut pelatih yang pernah memperkuat Persija Jakarta di masa kejayaannya.

Bagi pelatih Persija Blitz Tarigan, turnamen ini sangat baik, dengan adanya Nusantara Cup pihaknya dapat memberikan kesempatan bermain bagi anak didiknya.

“Hasil hari ini bukan menjadi tolak ukur, yang penting baginya ada kesempatan bermain bagi anak-anak. Kita kasih menit bermain bagi mereka, karena sebentar lagi ada Suratin, elit pro dan Bintang Timur bermain bagus, selamat untuk BeTA Atambua,” tegas Blitz.

Kemenangan ini membuat Bintang Timur menempati posisi pertama klasemen grup D dengan mengoleksi tiga poin. Mereka bersaing dengan Borneo FC yang berada di urutan kedua dengan koleksi poin yang sama.

Pertandingan ke dua antara Persipura vs ASIOP berakhir dengan skor 2-1. Gol Persipura lahir dari kaki Thobias Parviddya Junior Solossa menit ke-23 dan eksekusi pinalti meni ke-63 Grachiano Juan Rafael Imanuel R. Sedangkan 1 gol ASIOP diciptakann Mohammad Nafil Rizqullah A menit ke-56.

Laga grup D lainnya berlangsung di Nasional Polo Club, Bogor, antara Borneo FC Samarinda vs Maluku Utara Selection, dimenangkan Borneo dengan skor 2-1. Pertandingan berlangsung ketat dan keras, sehingga wasit Sendis Febriandis harus mengeluarkan 3 kartu kuning untuk masing-masing tim.

Borneo FC unggul di babak pertama lewat sontekan Nur Fahmi Arbain Basiro di menit ke-3. Memasuki babak ke dua Maluku Utara Selection baru bisa menyamakan kedudukan lewat penyerangnya Rifaldi Limau di menit ke-54. Masuknya Nofalio Ardanan menggatikan M.Khairan Syazani akhirnya membawa Borneo FC unggul 2-1 di menit ke-67.
Klasemen Sementara :

Grup A
1. PSIS: 3 (3-1)
2. PSLS: 3 (3-1)
3. Bogor Junior: 0 (1-3)
4. Tiga Naga: 0 (0-3)

Grup B
1. PSS Sleman: 3 (3-1)
2. PSM Makasar: 3 (2-1)
3. PSA Ambon: 0 (1-2)
4. Asifa: 0 (1-4)

Grup C
1. Persipura: 3 (2-1)
2. Garuda Nusantara: 1 (0-0)
3. Persib Bandung: 1 (0-0)
4. Asiop: 0 (1-2)

Grup D
1. Bintang Timur: 3 (3-1)
2. Borneo FC: 3 (2-1)
3. Maluku Utara Selection: 0 (1-2)
4. Persija: 0 (1-3) ( fw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *