Bumdes Harus Dikekola Untuk Mendorong Usaha Rakyat Di Desa

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) harus didorong untuk mendorong percepatan roda ekonomi rakyat di desa.

Untuk itu dalam waktu dekat Plt Kades akan memanggil semua pengurus untuk mengevaluasi pengelolaannya kemudian akan diambil langkah-langkah penting untuk menata kembali pengelolaan bumdes itu sehingga berdaya guna untuk rakyat.

Hal itu disampaikan Plt Kades Laleten, Lorens Haba disela kegiatan Musyawarah Desa tentang RKPDes 2021 di Kantor Desa Laleten – Kecamatan Weliman – Kabupaten Malaka, Rabu (5/8-2020).

Kades Lorens mengatakan sesuai agenda kerjanya di desa Laleten yang menggantikan Pj Kades yang berhalangan tetap karena meninggal dunia , dirinya ada lima agenda yang harus diselesaikan yakni kebersihan lingkungan,
benahi dan tata kantor desa, Perbaikan MCK di Kantor Desa , penanganan Gizi Buruk dan Bumdes.

” Saya harus benar-benar fokus karena penugasan saya sebagai Plt Kepala Desa Laleten hingga akhir bulan Agustus ini sehingga sebelum masa penugasan berakhir harus bisa selesaikan beberapa agenda diatas”

” Menurut informasi bahwa Bumdes disini belum optimal pengelolaannya sehingga harus dievaluasi untuk diambil langkah-langkah kedepan”

” Yang namanya Bumdes itu harus mendorong percepatan ekonomi rakyat dan itu harus dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat”

” Menurut saya yang namanya Bumdes itu harus dikelola menggunakan prinsip-prinsip usaha sehingga bisa berdampak untuk rakyat terutama peningkatan ekonomi rakyat”

” Di Desa Laleten saya lihat potensi wilayahnya dibidang pertanian, peternakan dan perdagangan kecil dan menengah. Harusnya Bumdes bisa melihat peluang ini untuk mendorong usaha-usaha rakyat sesuai potensi desa. intinya disini Bumdes harus dikelola untuk mendukung usaha masyarakat entah itu dibidang pertanian, peternakan atau perdagangan sesuai potensi desa”

” Potensi disini dibidang pertanian seperti pertanian lahan basah, lahan kering dan hortikultura. Dalam konsep ini Bumdes bisa menyediakan kebutuhan petani seperti bibit unggul, pupuk dan obat-obatan pertanian bagi petani yang membutuhkan dan petani bisa membayarnya saat panen padi atau jagung”

” Dibidang peternakan juga bisa dikembangkan karena setiap saat rakyat butuh babi, ayam bahkan sapi. Khususnya untuk babi dan ayam rakyat harus dibekali dulu dengan teknik budidaya ternak babi dan ayam baru diintervensi. Kalau tidak dilatih usaha ini bisa bangkrut karena tidak paham teknik budidaya ternak yang baik dan benar”

” Usaha pertanian dan peternakan seperti diatas hanya sebagai contoh saja supaya mendorong rakyat untuk berusaha agar memiliki penghasilan dari usahanya’

” Rakyat Jangan dikasih ikan tetapi harus dikasih pancing supaya rakyat bisa hidup dan berkembang kedepannya”.

” Kita harus benahi Bumdes supaya bisa berkontribusi untuk peningkatan usaha rakyat.
Pengurus bisa beri pinjaman untuk mendorong usaha rakyat agar memiliki kemandirian berusaha dalam rangka peningkatan ekonomi keluarga (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *