Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Bintan Job Fair 2024: 16 Perusahaan Sediakan 746 Lowongan Kerja untuk Pencari Kerja Lokal

301
×

Bintan Job Fair 2024: 16 Perusahaan Sediakan 746 Lowongan Kerja untuk Pencari Kerja Lokal

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Bintan – Bintan Job Fair 2024 yang digelar di Plaza Lagoi Bintan selama tiga hari sejak tanggal 7 sampai 9 Juni 2024, disambut antusias oleh para pencari kerja. Sebanyak 746 lowongan kerja disediakan oleh 16 perusahaan yang berpartisipasi dalam acara tersebut.

Bupati Bintan, Roby Kurniawan, menuturkan bahwa Job Fair yang dilaksanakan merupakan yang kedua kalinya di tahun 2024. Sebelumnya, Job Fair juga telah diselenggarakan di PT. BAI Galang Batang pada bulan Maret 2024.

“Inilah yang kita rencanakan dan agenda Job Fair ini memang kita selenggarakan secara rutin di Bintan. Ini sudah yang kedua kalinya. Hal ini bertujuan agar perusahaan-perusahaan di Bintan dapat lebih mengoptimalkan tenaga kerja lokal,” jelasnya, pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Lowongan pekerjaan yang tersedia di Job Fair 2024 di Lagoi sangat beragam, mulai dari posisi Front Office, Housekeeping, Bellboy (Driver), Design Graphic, Welder, hingga security. Tingkat pendidikan yang dibutuhkan juga bervariasi, mulai dari tamatan SMU, SMA, SMK, Diploma hingga Sarjana.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Bintan, tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Bintan mengalami penurunan yang signifikan setiap tahunnya. Pada tahun 2021, tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Bintan sekitar 8,62 persen, kemudian turun menjadi 6,91 persen pada tahun 2022 dan kembali turun menjadi sekitar 5,43 persen pada tahun 2023.

“Berdasarkan data BPS Bintan, untuk Kabupaten Bintan, tingkat kesempatan kerja juga meningkat hingga 94,56 persen diikuti dengan tingkat partisipasi angkatan kerja yang mencapai 67,55 persen,” tambahnya.

Seiring dengan semakin banyaknya perusahaan yang berinvestasi di Bintan, job fair menjadi momentum yang sangat tepat bagi pencari kerja lokal untuk memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasi dan keinginan mereka. Dengan adanya Bintan Job Fair, diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bintan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Editor: Budi Adriansyah