Binamarga Terus Berbenah Siapkan Data Pendukung Pembangunan Infrastruktur Jalan di Malaka

Bidang Bina Marga pada Dinas PUPR Kabupaten Malaka terus berbenah menyiapkan informasi dan data penting untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Malaka.

Sejak Bupati SBS pimpin Malaka sudah ada blu print rencana pembangunan infrastruktur jalan di Malaka sehingga tinggal ditindaklanjuti dengan penyiapan data dan informasi terbaru terkait jalan-jalan yang harus segera dibangun kedepan.

Kadis PUPR melalui Kabid Binamarga, Lorens Haba mengatakan hal itu kepada wartawan di Betun – Kabupaten Malaka, Jumat ( 31/7-2020).

Dikatakannya, ada dua hal yang perlu dipersiapkan bidang Binamarga yakni data tentang jalan-jalan yang harus dibangun kedepan dan kedua data tentang jalan-jalan yang perlu mendapatkan perawatan agar tetap awet dan tidak mudah rusak.

” Kita lagi siapkan data terkait jalan-jalan yang harus mendapatkan penanganan karena berpotensi rusak atau juga sudah mengalami kerusakan”

” Informasi dan data yang akurat harus disiapkan untuk siapkan dana pemeliharaan”

” Biasanya di dinas PUPR disediakan dana pemeliharaan jalan untuk tangani jalan-jalan yang berpotensi rusak atau sudah rusak”.

“Bila belum ada pengalokasian anggaran untuk itu maka digunakan dana emergency. Seperti belum lama ini ada kerusakan jalan di Beaneno, Bani-Bani, Kereana,Oanmane kita gunakan dana emergency”

” Contohnya, Di desa Laleten bahu jalan belum ada sehingga bisa digunakan dana pemeliharaan dari dinas PUPR atau diusulkan melalui anggaran 2021 melalui dana DAK atau minta dari Provinsi”.

“Jadi banyak cara dan kami dari dinas teknis melalui bidang akan membuat rencana, gambar dan RAB , kebutuhan anggaran . Banyak sumber dana tetapi dari dinas teknis perlu menyiapkan data pendukung dan memyampaikan kepada Bupati sebagai Kepala Daerah supaya bisa mendapatkan arahan lebih lanjut”

” Hampir semua jalan di Kabupaten Malaka yang rusak kita tangani. Misalnya Jalan di Sitrua -Desa Kusa yang rusak karena tidak ditunjang saluran maka dari dinas PUPR lalukan penanganan. Saluran air meluber ke jalan raya sehingga kita lakukan penanganan dengan gali saluran dan hasil galian diphoto dan dikirim ke Provinsi langsung direspon dan dikerjakan secara permanen” .

” Kiat-kiat tetap kita lakukan agar rakyat tetap gunakan jalan dengan aman dan nyaman. Hal ini sejalan dengan program Bupati Malaka dibidang pembangunan infrastruktur”. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *