Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Bersama-sama Menuju Pilkada Sukses: Fasilitasi Kemendagri dan Komitmen Penjabat KDH

47
×

Bersama-sama Menuju Pilkada Sukses: Fasilitasi Kemendagri dan Komitmen Penjabat KDH

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Tanjungpinang – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) mengadakan rapat dengan Penjabat (Pj.) Kepala Daerah (KDH) di seluruh Indonesia untuk membahas dukungan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan datang. Pilkada serentak dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 27 November 2024.

Rapat tersebut dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, dan diikuti oleh seluruh Pj. Gubernur, Bupati, dan Wali Kota, termasuk Penjabat (Pj.) Wali Kota Tanjungpinang, Andri Rizal, yang mengikuti melalui video konferensi dari Kantor Wali Kota Tanjungpinang pada Kamis, 20 Juni 2024.

Tito menekankan pada pentingnya kerja sama antara pemerintah pusat dan daerah untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan Pilkada serentak.

Menurutnya, Pilkada serentak bukan hanya merupakan proses demokrasi, tetapi juga sebuah momen penting bagi setiap daerah untuk memilih pemimpin terbaik yang mampu membawa perubahan positif bagi masyarakat.

Tito juga meminta para penjabat KDH untuk menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. Dia menekankan bahwa kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan negara adalah anugerah yang harus disyukuri dan diemban dengan penuh tanggung jawab.

“Jalankan tugas pemerintahan dengan baik, jangan stagnasi, sampai lahirnya pemimpin yang dipilih oleh rakyat. Manfaatkan momentum ini untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” tegas Tito.

Terkait dengan menghindari masalah hukum, Tito ingatkan para penjabat KDH agar tetap berhati-hati dan tidak terlibat dalam masalah hukum yang mungkin timbul, mengingat banyak godaan dan problemnya yang dihadapi sebagai pemegang kekuasaan di daerah.

“Masih ada lima bulan sebelum Pilkada serentak, dan saat ini sudah masuk tahapan persiapan. Pastikan segala sesuatu berjalan sesuai rencana, dan jadilah contoh yang baik bagi masyarakat,” pungkas Tito.

Andri Rizal, Pj. Wali Kota Tanjungpinang, menanggapi arahan tersebut dengan menyatakan komitmennya untuk melaksanakan tugasnya dan mendukung penuh pelaksanaan Pilkada serentak.

“Kami di Tanjungpinang sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mendukung pelaksanaan Pilkada serentak. Koordinasi dengan aparat keamanan dan penyelenggara pemilu terus kami tingkatkan,” ujar Andri.

Editor: Budi Adriansyah