Bawaslu Malaka Harus Tertibkan Petugas  Panwas  di Kecamatan dan Desa Agar Kerja Sesuai Aturan

 

Komisioner Bawaslu Kabupaten Malaka diminta segera menertibkan para petugas Panwas yang bekerja di Kecamatan dan Desa agar bekerja sesuai aturan Pengawasan sesuai ketentuan yang berlaku.

Bawaslu Kabupaten Malaka juga  diminta memberikan pelatihan kepada para petugas di Kecamatan dan desa agar bekerja sesuai aturan dan stahdart  etika yang berlaku.

Ketua Tim Koalisi Partai Pengusung SBS-WT, Devi H Ndolu mengatakan hal itu saat konfrensi pers bersama wartawan  di Sekretariat Paslon SBS- WT, Haitimuk – Kabupaten Malaka – Provinsi NTT, Selasa (6/10-2020).

Dikatakannya, sebagai Ketua Tim Koalisi Partai Pengusung Paslon SBS-WT  ingin menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan tugas dari Bawaslu Kabupaten Malaka   berkaitan dengan kampanye Pilkada di Kabupaten Malaka tahun 2020.

” Yang pertama,  saya meminta kepada Bawaslu,  khususnya Ketua  atau Komisioner Bawaslu agar menertibkan petugas-petugas  Panwas yang bertugas di Kecamatan dan Desa  agar mereka mengetahui dan memahami tugasnya terutama saat bertugas di lapangan”

” Mengapa saya sampaikan ini? Karena dari pandangan atau informasi yang kami lihat bahwa sebelum pasangan calon ditetapkan ada pertemuan keluarga oleh keluarga-keluarga  dari Calon Bupati maupun calon Wakil Bupati, Panwascam maupun pengawas ditingkat desa itu masuk rumah orang lain tanpa permisi  dan langsung menegur pemilik  rumah tanpa diundang,  itu tidak ada etika. Itu tidak ada etika sekali lagi”

‘ Oleh karena itu saya minta komisioner Bawaslu agar menertibkan petugas-petugas  pengawas tingkat kecamatan supaya  jangan asal nyelonong, jangan asal masuk rumah orang tanpa permisi, menegur dan melarang padahal belum ditetapkannya pasangan calon”

Ketua Bawaslu  Malaka,  Petrus Nahak Manek kepada wartawaan diruang kerjanya, Selasa (5/10-2020)  mengatakan Petugas Panwas yang bertugas di Kecamatan dan Desa harus bekerja sesuai aturan dan etika yang berlaku.

” Bila ada petugas Panwas di Kecamatan dan Desa bekerja diluar aturan dan tidak beretika supaya dilaporkan ke Bawaslu untuk diproses lebih lanjut”

” Para Petugas Panwas di Kecamatan dan Desa sudah dibekali dengan pelatihan-pelatihan tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat  bertugas di Kecamatan dan desa sehingga tidak ada alasan mereka kerja diluar ketentuan”

” Kita  himbauan kepada seluruh masyarakat Malaka ketika menemukan atau mendapatkan  informasi bahwa ada pengawas ad hoc mulai dari Panwascam sampai Pengawas kelurahan atau desa ketika melakukan pengawasan di lapangan tidak sesuai aturan atau menemukan bahwa  tidak beretika supaya segera dilaporkan ke Bawaslu untuk diproses”

” Silahkan laporkan bila ada  tindakan oknum panwascam atau panwas desa dalam melakukan pengawasan di lapangan tidak sesuai dengan ketentuan atau sangat tidak menyenangkan dan mengganggu masyarakat  supaya segera dilaporkan ke Bawaslu untuk  ditindaklanjuti”

” Kepada masyarakat, tim paslon atau kuasa hukum dari paslon atau tim kampanye kalau ada yang menemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap UU Pilkada atau penyelenggaran tahapan pilkada  supaya disampaikan kepada panwascam karena di panwascam ada sekretariat atau langsung dilaporkan  di Bawaslu Kabupaten”

“Bahwa cara penyampaian laporannya itu uraian kejadiannya harus jelas, warga yang punya hak pilih di Kabupaten Malaka   terus kalau kuasa hukum yang melapor membawa serta surat kuasa dari paslon untuk secara benar kita memastikan bahwa ini kuasa hukum dari paslon”

“Bawaslu tidak berpihak. Bawaslu itu profesional. Dalam menjalankan tugas pengawasan tetap independen dan tetap netral menjalankan aturan”.

”  Terkait edukasi untuk rakyat tetap kita sosialisikan, kita tetap beri pencerahan supaya dalam situasi kampanye ini tetap harus berjalan sesuai aturan dan kalo ada pihak dari mana saja yang melaporkan tetap kita tindaklanjuti” (tim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *