Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Headline

Bantu Masyarakat Selama Bulan Puasa, Ansar Ahmad Serahkan 1.300 Paket Sembako di Lingga…

55
×

Bantu Masyarakat Selama Bulan Puasa, Ansar Ahmad Serahkan 1.300 Paket Sembako di Lingga…

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Lingga – Untuk membantu meringankan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari selama Bulan Ramadan, Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, memberikan bantuan Sembako di Gedung Nasional, Dabo, Kabupaten Lingga, Ahad, 2 April 2023.

Penyerahan bantuan Sembako kali ini dalam rangka penanganan inflasi di Kepri dan merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada gubernur di seluruh Indonesia.

“Sekaligus ini untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari selama puasa, saya harap bantuan Sembako ini bisa meringankan beban masyarakat,” kata Ansar.

Bantuan Sembako yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri untuk masyarakat Kabupaten Lingga berjumlah sebanyak 1.300 Kepala Keluarga (KK) penerima.

Untuk di Pulau Singkep, Pemprov Kepri menyediakan paket Sembako sebanyak 500 KK, terdiri dari Kecamatan Singkep 240 KK, Kecamatan Singkep Barat 123 KK, Kecamatan Singkep Pesisir 120 KK, dan Kecamatan Singkep Selatan 17 KK.

Lalu, untuk di Pulau Lingga, yaitu Kecamatan Lingga 355 KK, Kecamatan Lingga Utara 325 KK, dan Kecamatan Lingga Timur 119 KK.

Paket Sembako tersebut berisikan kebutuhan pokok sehari-hari, seperti Beras 5 Kg, Minyak Goreng 2 Liter, Gula Pasir 1 Kg, Tepung Terigu 1 Kg, dan Susu Kental Manis 2 Kaleng.

Ada pula Bantuan Sosial Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang terdiri dari Bantuan UEP dalam bentuk barang diberikan ke 30 Orang, bantuan UEP dalam bentuk Uang/Modal Usaha diberikan ke 10 Orang, dan Bantuan KUBE diberikan untuk 3 Kelompok.

Selain itu, Ansar juga menyerahkan Bantuan Hibah berupa Uang melalui APBD Tahun Anggaran 2023 yang terdiri dari Karang Taruna Desa Sungai Buluh, Kecamatan Singkep Barat sebesar Rp65 juta, Karang Taruna Desa Tinjul, Kecamatan Singkep Barat sebesar Rp45 juta, Panti Jompo Tuah Bunda (Yayasan Bunda Amanda Singkep) Rp15 juta, LKSA Hidayatullah Daik Lingga sebesar Rp15 juta, dan Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Islamiyah Lingga sebesar Rp15 juta.

Untuk kecamatan lain di Kabupaten Lingga yang belum mendapatkan bantuan Sembako, Ansar menjanjikan akan segera memberikan bantuan serupa dengan bantuan dari Anggota DPRD Provinsi Kepri.

Ansar juga mengimbau, agar masyarakat di Kabupaten Lingga memanfaatkan pekarangan rumah masing-masing untuk ditanami sayur mayur, seperti cabai, tomat, pare, dan timun.

“Manfaatkan pekarangan dengan menanam tanaman jangka pendek yang setidaknya mampu untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, pola hidup konsumtif harus dirubah menjadi kreatif dan inovatif,” imbuh Ansar.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Dewi Kumalasari, Anggota DPRD Provinsi Kepri Hanafi Ekra, Asmin Patros, Hariyanto, Widyaiswara Ahli Utama Lamidi, Asisten I Sekretariat Daerah Lingga Junaidi Adjam, Anggota Tim Percepatan Pembangunan dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri.

Editor: Budi Adriansyah
Penulis: Jlu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *