Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Bangga dan Gembira Beragama: Upaya FKPT Kepri Mencegah dan Menangkal Terorisme dengan Melibatkan Umat Beragama

42
×

Bangga dan Gembira Beragama: Upaya FKPT Kepri Mencegah dan Menangkal Terorisme dengan Melibatkan Umat Beragama

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Batam – Meskipun sempat diguyur rintik hujan, ratusan peserta dari berbagai lintas agama antusias mengikuti kegiatan Bangga dan Gembira Beragama yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Aula Universitas Ibnu Sina, Kota Batam, pada Rabu, 12 Juni 2024.

Kepala Bidang Agama, Sosial, Ekonomi, dan Budaya FKPT Kepri, Candra Wesnedi, pada media mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk mencegah dan menangkal (Cekal) radikalisme dan terorisme di Provinsi Kepri.

“Kepri adalah salah satu daerah perbatasan yang berhadapan langsung dengan banyak negara. Upaya antisipasi terhadap pengaruh radikalisme dan terorisme sangat penting,” kata Candra.

Untuk melakukan pencegahan secara dini, menurutnya, melibatkan seluruh stakeholder sebagai bentuk tanggung jawab bersama sangatlah penting. Oleh karena itu, kegiatan Gembira Beragama melibatkan banyak elemen masyarakat termasuk para tokoh agama.

“Kenapa acara ini dihadiri oleh berbagai lintas agama karena acara ini bertajuk Bangga dan Gembira Beragama dan FKPT Kepri harus sanggup mensosialisasikan kepada seluruh umat beragama, karena gerakan radikal terorisme tidak mengenal agama, jadi semua agama memiliki potensi yang sama,” ungkapnya.

Antusiasme peserta sangat tinggi mengingat acara yang digelar FKPT Kepri ini jarang dilakukan oleh Ormas keagamaan di Kepri.

“Mereka sangat respek dengan kegiatan FKPT Kepri,” jelasnya.

Ketua FKPT Kepri, Pauzi, dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa upaya mengangkat tema Gembira Beragama merupakan usulan yang cukup baik dan strategis dalam mewujudkan hidup damai, rukun di tengah keberagaman yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terkhusus di Kepri.

“Apa yang dilakukan oleh FKPT Kepri merupakan bagian dari usaha mewujudkan beragama dengan damai di tengah keberagaman. Dan kedamaian itu juga salah satu kunci bagaimana memerangi radikalisme dan terorisme,” kata Pauzi.

Pauzi mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memperkuat tali persatuan agar ancaman radikalisme dan terorisme tidak mengganggu Kepri.

“Kewaspadaan itu penting. Untuk itu, marilah kita bersatu untuk Indonesia yang hebat,” pungkasnya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari BNPT Pusat, FKPT Kepri, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, dan Kementerian Agama Kota Batam.

Editor: Budi Adriansyah
Penulis: SS