Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

B2SA Goes to School: Edukasi Gizi di SDN 007 Gunung Kijang bersama Ketua TP PKK Bintan

29
×

B2SA Goes to School: Edukasi Gizi di SDN 007 Gunung Kijang bersama Ketua TP PKK Bintan

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Bintan – Ketua TP PKK Kabupaten Bintan, Hafizha Rahmadhani, mengunjungi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 007 Gunung Kijang sebagai bagian dari program ‘B2SA Goes to School’.

Tujuan program ini adalah untuk memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pentingnya makanan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA), yang diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Kesehatan Hewan (DKPPKH) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Program ini diadakan di seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri dengan mengunjungi berbagai sekolah di daerah tersebut.

Selain memberikan edukasi, program ini juga memberikan makanan B2SA senilai Rp15 juta langsung di setiap sekolah yang dikunjungi.

Hafizha sendiri memberikan pandangan tentang pola makan anak-anak yang sering ditemuinya.

Dia menyatakan bahwa kesadaran orang tua saat ini sudah cukup tinggi dalam memberikan asupan nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan anak.

“Tidak perlu makanan yang mahal untuk menyediakan nutrisi yang baik. Kita memiliki banyak sumber daya hewani dan nabati yang berkualitas di alam kita. Bahkan, ikan kembung yang sudah lazim dikonsumsi masyarakat di daerah kita sama kaya gizinya dengan ikan salmon,” jelas Hafizha, pada Sabtu, 27 April 2024.

Oleh karena itu, Hafizha meminta para orang tua untuk tidak terlalu memperdulikan makanan yang mahal namun kurang bergizi. Kandungan gizi pada makanan sangat penting untuk mendukung pertumbuhan otak anak.

“Otak adalah nomor satu, jika pemberian nutrisinya cukup, maka pertumbuhan anak dapat optimal. Para ibu jangan biarkan anak-anak tak suka makan ikan dan sayur,” kata Hafizha.

Pesannya terakhir adalah untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam tanaman pangan yang sehat dan bergizi. Hal ini dapat membantu meminimalkan pengeluaran dan mengajarkan cara hidup sehat dengan bahan makanan alami.

Para siswa kemudian diajak menonton pertunjukan dongeng oleh Kak Aam, seorang pendongeng profesional.

Dalam pertunjukan ini, Kak Aam melatih daya tangkap otak anak-anak dengan bercerita tentang hal-hal yang menyenangkan dan menarik perhatian.

Editor: Budi Adriansyah
Sumber: Diskominfo Bintan