Anton Atok :  Sekolah Bisa Jadi Wadah Belajar Demokrasi

Malaka – Lembaga Pendidikan atau sekolah bisa menjadi wadah untuk belajar demokrasi.

Pembelajaran demokrasi bagi siswa bisa dilakukan melalui kegiatan ekstrakulikuler dan OSIS di Sekolah.

Hal itu disampaikan Kepala SMAN 1 Malaka Barat, Anton Atok Tahuk, S.Pd kepada wartawan diruang kerjanya, Kamis (24/10-2019).

Dikatakannya, setiap tahun di lembaga pendidikan khususnya di SMAN digelar pemilhan OSIS di sekolah untuk pergantian pengurus OSIS baru.

Menurut kasek Anton, ada beberapa cara yang digunakan olehsekolah dan pengurus OSIS lama bahwa mereka harus adakan pemilihan tetapi sebelum sampai disana mereka harus mengikuti beberapa tahapan mulai dari pendaftaran dan penyampaian visi misi baru dilakukan pemilihan.
Didalam visi misi disampaikan program kerja yang mendukung program sekolah.

Kasek Anton mengatakan melalui kegiatan seperti ini para siswa diberi pemahaman tentang kehidupan berdemokrasi dan hal itu dimulai dari lembaga pendidikan.

” Kita harapkan melalui kegiatan ini dapat berfungsi sebagai ajang pembelajaran agar satu saat bila terjun ke masyarakat mereka sudah terbiasa”

” Saya senang sekali karena cara penyampaian visi misi dalam pemilihan OSIS belum lama ini
sangat bagus dan hal ini bisa menjadi sarana pembelajaran yang bagus”.

“Kita berharap para siswa belajar berorganisasi juga harus belajar agar bisa berprestasi dibidang pendidikan juga dibidang organisasi”.

Ketua OSIS SMAN 1 Malaka Barat terpilih, Stefanus Bria Seran merasa senang bisa dipercaya dan terpilih menjadi ketua Osis selama satu tahun kedepan.

” Saya sangat senang bisa terpilih menjadi ketua Osis karena melalui beberapa tahapan baru dipilih seluruh siswa”

“Melalui kegiatan seperti ini saya bisa belajar menjadi seorang pemimpin karena salah satu persyaratan untuk dipilih adalah menyampaikan visi misi serta program kerja dihadapan seluruh siswa dan guru baru dilakukan pemilihan”

“Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat karena selain bisa belajar berorganisasi juga melatih siswa untuk tampil berbicara didepan orang banyak” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *