Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HeadlineLintas Provinsi

Ansar Ahmad Serahkan berbagai Bantuan untuk Masyarakat Lingga…

83
×

Ansar Ahmad Serahkan berbagai Bantuan untuk Masyarakat Lingga…

Sebarkan artikel ini

Radarmalaka.com, Lingga – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad, melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kabupaten Lingga dengan menyerahkan berbagai bantuan untuk masyarakat Lingga, baik di bidang pertanian, pangan, perikanan, maupun rumah ibadah, di Gedung Nasional Dabo, Kamis, 19 Oktober 2023.

Bantuan yang diserahkan oleh Ansar ini antara lain adalah bantuan pertanian dari Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Kelautan (KP2KH) Provinsi Kepri, berupa pupuk dan bibit, dengan anggaran sebesar Rp301 juta.

Bantuan ini ditujukan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian di Kabupaten Lingga.

Lalu, Bantuan Pangan Tahap II untuk 9.732 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar 291,960 ton. Bantuan ini merupakan bagian dari Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) yang bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan dan rumah tangga masyarakat .

Selanjutnya, bantuan perikanan dengan total pagu sebesar Rp1,5 miliar berupa solar cell 300w sebanyak 33 unit, 9.300 buah bubu ketam, 375 buah jaring udang, 188 gulung kawat bubu, 200 buah jaring bawal, dan 17 unit sampan kayu dayung.

Bantuan ini diharapkan dapat membantu pengembangan usaha perikanan di Kabupaten Lingga, khususnya bagi nelayan tradisional.

Bantuan lainnya yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri, yaitu bantuan rumah ibadah di Dabo sebesar Rp2,7 miliar. Bantuan ini diberikan untuk membangun dan merenovasi rumah ibadah, baik masjid, mushola, gereja, vihara, maupun pura.

Ansar mengatakan, bahwa seluruh bantuan yang diberikan merupakan wujud komitmen dan kepedulian dari Pemprov Kepri terhadap masyarakat Kabupaten Lingga.

Ansar berharap, bantuan-bantuan tersebut bisa membantu meringankan beban masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami ingin masyarakat Lingga merasakan manfaat dari pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Kepri. Kami ingin masyarakat Lingga sejahtera, mandiri, dan berdaya saing. Kami ingin masyarakat Lingga memiliki akses yang baik terhadap pangan, pertanian, perikanan, dan rumah ibadah,” ujar Ansar.

Dalam kesempatan yang sama, Kantor Wilayah BPN Provinsi Kepri juga menyerahkan sertifikat tanah untuk masyarakat pesisir di Kabupaten Lingga sebanyak 229 sertifikat.

Sertifikat tersebut terdiri dari 151 sertifikat untuk Desa/Kelurahan Tanjung Kelit, 146 sertifikat untuk Desa/Kelurahan Mentuda, dan 32 sertifikat untuk Desa/Kelurahan Jagoh.

Kepala Kanwil BPN Provinsi Kepri Nurhadi Putra mengatakan, bahwa penyerahan sertifikat tanah ini merupakan bentuk dukungan pemerintah dalam memberikan kepastian hukum atas kepemilikan tanah bagi masyarakat pesisir.

Nurhadi juga mengapresiasi langkah Ansar, yang telah memberikan dukungan anggaran sertifikasi tanah sebanyak 2.500 bidang tanah di wilayah pesisir.

“Kami harapkan dengan adanya sertifikat tanah ini, masyarakat bisa meningkatkan kesejahteraannya, baik dengan memanfaatkan tanahnya untuk usaha maupun dengan menggunakannya sebagai jaminan untuk mendapatkan modal usaha,” tutur Nurhadi.

Editor: Budi Adriansyah
Penulis: Jlu