Anda Ingin Beternak Ayam Kampung Super? Silahkan Datang Belajar di Fafoe – Malbar

Malaka – Bagi anda yang berminat beternak ayam kampung super silahkan datang belajar di Fafoe – Malbar. Selain bisa mendapatkan bibit ayamnya juga bisa mendapatkan informasi penting terkait teknik budidaya ayam kampung super.

Ayam kampung super merupakan hasil kawin silang ayam kampung dengan ayam bangkok, Vietnam, peru, madinan, Filipin, nigeria dan birma.

Kawin silang itu bisa menghasilkan ayam kampung yang benar-benar super dan berkualitas dan tentu meningkatkan motivasi anda memelihara ayam kampung super sebagai sumber pendapatan baru bagi keluarga.

Peternak ayam kampung super, Yosef Seran Klau, S.Sos mengatakan hal itu kepada wartawan di lokasi perternakan ayam kampung super miliknya di Fafoe, Sabtu (3/8-2019).

Dikatakannya, saat ini induk ayam kampung yang berproduksi sebanyak
165 ayam indukan termasuk untuk kelompok masyarakat binaan desa.

“Untuk sementara Ayam induk masih bertelur dan menetas secara alamiah namun dalam waktu dekat akan didukung TTG berupa mesin tetas dan mesin pengolah pakan ayam”.

‘Kemudahannya, perlakuannya bisa semi intensif yakni pada malam hari dikandangkan dan siang hari dilepas pada tempat yang sudah disiapkan”

” Untuk menghindari serangan penyakit secara rutin diberikan obat herbal berupa ramuan dedaunan supaya tidak sakit karena sudah memiliki kekebalan tubuh”

Diceritakannya, usaha budidaya ayam kampung super ini dirintis sejak bulan Maret 2018. Mulanya, kandangnya berukuran 3m x 6m tetapi saat ini sudah diperluas dengan ukuran 3 m x 40 m yang bisa menampung 170 indukan dan 17 pejantan.

“Dari usaha ini sudah bisa memetik hasil dimana setiap empat bulan setelah menetas anakan ayam bisa dijual dengan harga satu pasang Rp 400 ribu untuk ayam bibit”

” Dalam usaha ini kita akan kembangkan juga ayam pedaging setelah indukan siap. Indukan yang ada tugasnya hanya bertelur sementara itu untuk penetasan akan menggunakan mesin tetas untuk perbesar produksi ayam pedaging”.

” Dalam konsep usaha ini targetnya kita akan produksi telur untuk penghasilan harian, ayam pedaging untuk penghasilan bulanan. Sementara ternak babi, kambing dan sapi serta pisang itu penghasilan tahunan”.

“Ide dasar ini muncul dan terinspirasi dari Program RPM yang dicanangkan Bupati SBS agar rakyat berkelimpahan makanan”.

“Pemerintah sudah pacul tanah untuk rakyat dan beri bibit unggul termasuk pupuk dan obat-obatan harus ditunjang usaha lain untuk tingkatkan pendapatan petani dan salah satunya usaha peternakan ayam kampung super”

” Kita harus bangga sebagai petani karena tanah kita sangat subur dan bila dikelola secara cerdas bisa memberikan kemakmuran bagi petani. Cita-cita saya satu saat petani di Malaka harus optimis bisa menjalani
Pensiun lewat usaha tani (hakiak, hakutuk, hahabat) harus menjadi filosofi petani”.

” Kalau mau maju kita harus manfaatkan peluang melalui pola pertanian terpadu. Selain tanam jagung dan ubi kayu di kebun petani juga bisa terapkan peternakan terpadu. Ditengah kebun ada ternak besar dan kecil seperti sapi, babi, kambing, itik dan ayam”.

“Persiapan pakannya berupa tanaman pisang, ubi kayu lamtoro, kelor, gamal dan gala-gala dan rumput gajah”.

“Target pengembangan usaha peternakan ayam kampung super yakni untuk bisa buka lapangan pekerjaan bagi anak-anak di desa ” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *