Agus Nahak : Tahun 2021 Dana Desa Difokuskan Untuk Membangkitkan Ekonomi Masyarakat

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa,Agustinus Nahak mengatakan pada tahun 2021 dana desa difokuskan untuk pemberdayaan dengan tujuan membangkitkan ekonomi masyarakat yang sempat terjatuh akibat bencana non alam yang notabene masih melanda di negeri ini.

Hal konkrit yang mau dikembangkan kedepan yaitu memanfaatkan potensi-potensi lokal yang memiliki nilai ekonomi seperti pertanian,perkebunan,dan perikanan. Sebab itu,menjadi andalan utama masyarakat dimana harus diintervensi agar bisa tercapai indeks pembangunan ekonomi yang bermuara pada peningkatan dan kesejahteraan masyarakat secara sehat dan mandiri.

Kadis Agus mengatakan hal itu saat dikonfirmasi wartawan di Betun, Rabu ( 23/12-2020)

Dikatakannya, berdasarkan perubahan prioritas penggunaan anggaran dana desa dialihkan pada penanganan ekonomi.Sementara pembangunan fisik dihentikan sementara.

” Pembangunan fisik tahun 2021 ditiadakan dan difokuskan pada penanganan dan pengendalian ekonomimasyarakat.

” Pemerintah desa akan menggelontorkan dana kepada masyarakat melalui kelompok-kelompok yang sudah terbentuk seperti kelompok ternak ayam atau babi jadi mereka yang mengatur atau mengelola.

” Keuntungannya untuk mereka sendiri dalam rangka pengembangan dan pemberdayaan ekonomi secara sustainable,”

Dikatakan bahwa untuk dana desa tahun 2020 difokuskan pada penanganan covid-19 sehingga pembangunan baik fisik maupun non fisik ditiadakan.

” Pengembangan ekonomi kreatif bagi masyarakat merupakan langkah konkrit dan konstruktif untuk memulihkan atau mengembalikan keadaan ekonomi yang sedang tergerus akibat pandemik covid 19″

” Mulai tahun depan pemerintah berencana akan memanfaatkan dana desa untuk pemberdayaan dan pengembangan ekonomi masyarakat berbasis pada potensi lokal yang dimiliki oleh desa tersebut”. ( boni)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *