12 Kecamatan di Malaka Dilanda Kekeringan dan 11 Kecamatan Kekurangan Air Bersih

Malaka – .Jumat (25/10-2019) Sebanyak 12 Kecamatan yang menyebar di Kabupaten Malaka mengalami kekeringan akibat kemarau panjang belakangan ini.

Sementara itu dari 12 Kecamatan yang ada terdapat 11 Kecamatan yang mengalami kekurangan air bersih.

Untuk mengatasi hal itu BPBD Kabupaten Malaka berkoordinasi dengan Dinas Teknis terkait untuk mengoptimalkan pemanfaatan mobil tangki air milik pemerintah untuk melayani masyarakat.

Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Malaka, Drs Gabriel Seran, MM mengatakan hal itu saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Jumat (25/10-2019)

Gabriel menjelaskan dari hasil pantauannya di lapangan pada akhir tahun 2019 kekeringan melanda 12 kecamatan di Kabupate Malaka dan 11 Kecamatan mengalami kekurangan air bersih minus Kecamatan Malaka Barat.

“Tahun lalu kekeringan hanya melanda 11 Kecamatan minus Malaka Barat tetapi tahun ini Malaka Barat masuk daerah kekeringan terutama di lahan pertanian sawah milik masyarakat”

Dijelaskannya, terkait persoalan diatas upaya jangka pendek yang dilakukan yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Malaka berkoordinasi dengan dinas teknis terkait seperti dinas PUPR dan Dinas Sosial untuk mengoptimalkan pemanfaatan mobil tangki air yang sudah dibagikan pemerintah melalui Bupati SBS.

” Melalui BNPB Provinsi NTT kita, sudah usulkan untuk pengadaan air bersih bagi masyarakat dan penambahan dua unit mobil tangki air”

“Untuk Jangka panjang harus siapkan wadah penyimpanan air seperti fiber yang memiliki daya tampung yang besar”.

” Kedepannya, kita koordinasikan dengan Camat supaya melalui ADD perlu diadakan penampung air berupa fiber dan jergen berukuran 25 liter keatas sebagai penampung air karena kenyataannya masyarakat mengambil air dengan gen 5 literan sehingga tidak memadai”.

“Pengalokasian anggaran melalui ADD untuk pengadaan fiber dan gen diperbolehkan dan tidak bertentangan dengan regulasi”. (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *