10 Rumah Warga Desa Rabasa – Rusak Berat Diterjang Banjir Kali Motadelek – Malaka

Sebanyak 10 dari 100 buah rumah warga desa Rabasa -.Kecamatan Malaka Barat – Kabupaten Malaka – Provinsi NTT yang diterjang banjir kali Motadelek rusak berat dan tidak bisa dihuni.

Selain itu dari jumlah rumah yang diterjang banjir itu ada 12 buah rumah warga lainnya rusak ringan dan 78 lainnya hanya digenangi banjir.

Demikian hasil konfirmasi Wartawan media ini dengan Pejabat Kepala Desa Rabasa, Agustinus Nahak di Rabasa – Kecamatan Malaka Barat- Kabupaten Malaka, Kamis (28/5-2020)

Pj Kades Agus mengatakan kepastian data kerusakan rumah itu diperoleh setelah dilakukan pendataan oleh petugas di desa paska banjir.

” Pendataan diatas sudah final dan kita segera melaporkan kepada Pemerintah hari ini”

” Bagi keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan berat sesuai pantauan kita memang sudah tidak layak huni karena kondisinya sangat parah dirusak banjir”

” Terhadap 10 keluarga yang rumahnya mengalami kerusakan berat itu sudah diarahkan untuk tinggal di fasilitas publik yang dimiliki pemerintah seperti kantor desa tetapi mereka lebih memilih tinggal di rumah keluarga yang ada didalam desa”

Kalak BPBD Kabupaten Malaka, Gabriel Seran kepada wartawan mengatakan data kerusakan itu harus dilaporkan ke Bupati Malaka dan tembusannya disampaikan kepada BPBD Kabupaten Malaka, Dinas Sosial dan Camat.

” Dasar dari laporan itu akan dibuatkan pernyataan bencana dan penanganannya. Bila dari data yang ada bisa dilakukan intervensi melalui program tanggap darurat atau melalui program rekonstruksi paska bencana oleh pemerintah pusat ”

” Rumah rusak ringan biasanya diintervensi dari Dinsos berupa bantuan bahan untuk rehab kembali rumah yang rusak” .

” Bila rumah itu tidak bisa difungsikan sama sekali bisa diintervensi melalui program di Dinas PU atau diajukan BPBD kepada Pempus untuk diintervensi melalui program rehabilitasi rekonstruksi pasca bencana” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *