1 Agustus, Pemerintah Mulai Pacul Tanah Gratis Untuk Rakyat

Mulai tanggal 1 Agustus 2020 Pemerintah Kabupaten Malaka melalui Dinas TPHP akan melakukan pacul tanah secara gratis untuk rakyat.

Direncanakan dalam tahun ini Pemerintah akan pacul tanah rakyat seluas 1.250.ha dengan sumber pendanaan APBD II. Jumlah itu belum termasuk dari Dana Desa dan Program Provinsi sehingga diharapkan bisa mencapai target 2500 ha dalam tahun 2020.

Hal itu disampaikan Sekertaris Dinas TPHP Kabupaten Malaka, Nikolaus Seran,S Sos kepada wartawan diruang kerjanya, Jumat ( 17/7-2020).

Dikatakannya, Pengolahan lahan secara gratis ditargetkan dalam tahun anggaran 2020 sebanyak
1. 250 ha yang bersumber dari APBD II.

” Jumlah itu belum termasuk dengan pengalokasian anggaran melalui Dana Desa dan Program Gubernur NTT Tanam Jagung Panen Sapi sehingga diharapkan bisa mencapai target 2500 ha”

” Sementara melalui dana desa masih melihat perkembangan karena ada perubahan APBDes terkait Covid 19″

” Tahun lalu luas lahan olahan yang dipacul pemerintah sebanyak 3.333 ha”.

Kabid Sarana Prasarana dan Penyuluhan Dinas TPHP Kabupaten Malaka, Ludovikus Asa,S.Pi kepada wartawan mengatakan pihaknya sudah mengantongi nama-nama petani dan desa yang akan dipacul tanahnya.

” Kita sudah melakukan pendataan di lapangan terkait Calon Petani Calon Lahan (CPCL) yang akan dipacul”

” Kita meminta kepada desa dan petani agar menyiapkan lahannya supaya saat dipacul lahannya sudah bersih agar melancarkan pekerjaan operator di lapangan”

” Kondisi traktor milik pemerintah saat ini dalam keadaan baik dan setiap hari dipanaskan mesinnya agar tetap terawat baik ” (boni)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *